Home >> Kutai Kartanegara >> Bankaltim Batasi Kredit
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Bankaltim Batasi Kredit

Target Sudah Terpenuhi

TENGGARONG – Bankaltim Ca-bang Tenggarong membatasi penya-luran kredit bagi nasabahnya dengan alasan sudah melampaui target.
“Ini kan sudah mau mendekati akhir tahun, target pencapaian kredit sudah terpenuhi, kami sudah mendapatkan arahan dari Bankaltim Pusat untuk membatasi penyaluran kredit,” kata Kepala Bankaltim Cabang Tenggarong, Ammudiono melalui Pimpinan Perkreditan, Denny Irfani kepada Koran Kaltim, kemarin.
Selama ini, kredit masih didominasi kalangan PNS. Mereka mengajukan kredit untuk membangun atau merehab rumah dan sebagai biaya pendidikan.
“Kredit PNS tidak ada masalah berarti, hanya terjadi masalah pada kredit guru di SDN 031 Tenggarong karena mereka diberhentikan oleh Pemkab Kukar. Kami sudah ajukan klaim agar kredit macet itu ditanggung asuransi,” jelasnya.
Denny mengaku jika sejumlah bank saat ini menanamkan prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan kredit menyusul perlambatan ekonomi secara nasional.
“Mudah-mudahan perekonomian Kaltim dan Kukar akan membaik di ta-hun yang akan datang, sekilas jika mengetahui anggaran APBD Perubahan Kukar 2016 sebesar Rp4,6 triliun, ada sinyal perekonomian akan membaik,” ujarnya.
Denny mengakui, meski pembatasan penyaluran kredit sudah dilakukan, namun masih banyak saja yang mengajukan permohonan kredit di bank pelat merah itu.
PNS yang hendak mengajukan kredit cukup melampirkan SK dan beberapa persyaratan pendukung serta atas sepengetahuan pimpinan.
“Jangka waktu pengembalian maksimal 15 tahun, maksimal pembayaran tiap bulannya sebesar 70 persen yang dipotong dari gaji yang diterima. Besaran pinjaman maksimal 30 kali gaji,” pungkasnya. (ran415)