Published On: Jum, Mei 31st, 2013

Barpus Belajar Cara Pengelolaan Kearsipan di Sleman

TENGGARONG-Badan Kearsipan dan Perpustakaan (Barpus) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip SKPD dan Desa. Bimtek diikuti 30 peserta, setiap SKPD diwakili satu orang staf didampingi Kabid Kearsipan, Aji Hasanuddin, Kasubid Pembinaan Kearsipan, Hj Rabiatul Isnaiah.
Bimtek  digelar di aula Kantor Arsip Daerah Kabupaten Sleman, Jogyakarta, Senin (27/5).
Kepala Barpus Kukar, Heldiansyah mengatakan maksud dan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk belajar banyak bagaimana cara pengelolaan arsip yang benar, agar terlaksananya administrasi pemerintahan dengan tidak terlepas dari penataan sistem pengelolaan kearsipan yang tepat sehingga dapat menciptakan efisiensi dan efektifitas dan produktifitas bagi SKPD. “Kabupaten Sleman salah satu daerah yang berhasil dan menjadi contoh dalam mengelola kearsipan dengan lengkap,” ujarnya.
Dikatakan Heldi, kearsipan dan perpustakaan di Kukar terpisah, pada tahun 2009 sudah menjadi badan, sebe-lumnya kantor perpustakaan sendiri dan kearsipan sendiri. Setelah bergabung dise-pakati bagaimana melakukan perbaikan yang pertama adalah perbaikan jati diri.  Sebelumnya lembaga kearsipan hanya dipandang sebelah mata. Diharapkan dari Bimtek ini akan mendapatkan pemaha-man  tentang pengelolaan arsip yang baik  dan bisa menjadi contoh bagi Pemkab Kukar.
Sementara itu, Kepala Kantor Arsip Daerah Sleman, Sudarningsing menyam-but baik dan mengucapkan terimakasih kepada rombongan Barpus Kukar yang telah berkunjung dan ingin mempelajari dan mengetahui tata cara pengelolaan kearsipan. Dimana Sleman menjadi contoh pengeloaan arsip yang lengkap mulai dari sejarah raja–raja Jogjakarta, kejadian bencana alam erupsi gunung merapi, pejabat–pejabat daerah dan sebagainya semuanya tertata dan diarsipkan.   Bimtek diakhiri dengan tanya jawab dan pe-ninjauan keruangan kearsipan. (hmp-3)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web