Published On: Rab, Mei 22nd, 2013

Batas Pelunasan BPIH 2013 Hingga 12 Juni

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2013 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1434H/2013M. Pelunasan BPIH atau ongkos naik haji ditetapkan mulai 22 Mei hingga 12 Juni 2013. “Jamaah yang telah mendapat porsi dan masuk dalam alokasi keberangkatan tahun ini, namun tidak melunasi sampai 12 Juni, maka secara otomatis menjadi waiting list tahun berikutnya dan kesempatan kuotanya menjadi kuota haji nasional,” kata Sekretaris Ditjen PHU Cepi Supriatna dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/5/2013) malam.
Pembayaran pelunasan BPIH, ujar Cepu, dilakukan di Bank-Bank Penerima Setoran (BPS) dengan waktu penyetoran pukul 10.00-16.00 WIB, untuk wilayah Indonesia bagian barat. Untuk bagian tengah dimulai dari pukul 11.00-17.00 WITA, dan di wilayah Bagian Timur mulai pukul 12.00 sampai 18.00 WIT. “Bagi calon jamaah haji yang sudah melunasi BPIH 2013, maka dalam waktu selambat-lambatnya tiga hari setelah penyetoran dengan membawa bukti setor lunas BPIH wajib segera mendaftar ulang ke Kantor Kemenag Kabupaten-Kota,” ujarnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, sisa kuota haji yang berasal dari setiap provinsi setelah berakhirnya masa pelunasan, maka akan dilanjutkan pelunasan tahap sisa kuota nasional yaitu 18 sampai dengan 26 Juni 2013. Sisa kuota haji nasional diperuntukan bagi jamaah usia lanjut diatas 83 tahun yang telah terdaftar.
Sementara itu, Kapus Pinmas Kemenag Zubaidi, mengimbau masyarakat untuk melakukan pendaftaran di tempat yang telah ditentukan Kemenag. “Kepada masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji dihimbau untuk melakukan pembayaran dan mendaftarkan diri melalui prosedur yang telah ditentukan dan tidak melalui perantara atau calo,” tukas Zubaidi. (okz)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web