Batas Wilayah Kukar Bisa Diakses Secara Online


korankaltim
korankaltim
2016-10-10 05:00:08
Sitaswil, Inovasi Baru Pelayanan Informasi



TENGGARONG – Pemkab Kutai Kartanegara selalu berupaya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, khususnya dalam hal penyampaian informasi.

Belum lama ini, Peme-rintahan Bagian Adminis-trasi Pemerintahan mem-buat sistem informasi berbasis IT, Sistem Informasi Batas Wilayah (Sitaswil).

Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan, Yani Wardhana selaku pencetus inovasi itu mengatakan Sitaswil sangat penting dalam penyediaan data dan informasi batas wilayah di Kukar. Sitaswil berisikan data dan informasi tentang segmen maupun ruas batas wilayah antar desa/kelurahan dalam wilayah kecamatan, antar kecamatan, dan antar kabupaten dengan kabupaten/kota lainnya.

“Sistem informasi ini diharapkan berdampak pada proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur sesuai prinsip good governance,” ujarnya, Jumat (7/10).

Yani mengatakan latar belakang munculnya Sitaswil itu, saat dirinya diberikan tugas membuat inovasi saat Diklat Pim.

Yani kemudian berkoordinasi dengan Kabag Administrasi Pemerintahan, Sunggono selaku atasannya, dan rencana itu kemudian dijalankan.

Sejak diimplementasikan mulai Juli 2015 lalu, Yani mengatakan Sitaswil saat ini telah dapat diakses melalui website sitaswil.kutaikartanegarakab.go.id, dengan mengisi user: guest, dan password: tapem, pengunjung dapat melihat informasi batas wilayah, desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Informasi yang ditampilkan Sitaswil tersebut dapat diprint oleh siapa saja yang membutuhkannya,” ujarnya.

Dikatakan Yani, Sitaswil dapat memberikan informasi dan penyajian pelaporan terkait penataan wilayah dengan cepat dan mutakhir secara berkala, sesuai kebutuhan di mana hal ini akan berdampak pada peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.

Kemudian, Sitaswil memudahkan proses administrasi dan dokumentasi informasi serta pelaporan sehingga data dan informasi urusan penataan wilayah menjadi tertata secara baik dalam bentuk database dan mendorong setiap aparatur untuk bekerja lebih aktif, jelas, efektif, efisien, dan terukur.

“Dengan berbasis online, Sitaswil pada tahapan jangka panjang akan memberikan informasi kepada publik yang akan berdampak pada meningkatnya kualitas pelayanan publik,” ujarnya. (hmp02)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
2 days ago | dibaca 280 kali
img
korankaltim
korankaltim
6 days ago | dibaca 78 kali
img