Published On: Sen, Mar 25th, 2013

Bawang Putih Masih Bertahan Rp60 Ribu Per Kg

BONTANG- Walaupun harga bawang putih dan bawang merah di Jakarta dan Jawa sudah berangsur turun. Hal tersebut tidak berlaku di Kota Bontang. Dari pantauan Koran Kaltim, Minggu kemarin di pasar induk tradisional Rawa Indah, harga bawang putih masih bertahan di harga Rp60 ribu per kilogram, sementara bawang merah  masih did harga Rp50 ribu per kilogram.
Menurut agen bawang merah dan bawang putih, Rizal, harga bawang belum ada perubahan sejak ada kenaikan pertama kali sekitar dua Minggu lebih, bahkan bawang putih pernah naik hingga Rp 85 ribu perkilo, namun cuma beberapa hari dan kembali bertahan di harga Rp60 ribu, hingga sekarang, harga normal sebelumnya hanya Rp30-35 ribu per kilonya. kondisi kenaikan bawang putih dan merah ini cukup membuat warga Bontang resah terutama para penjual nasi dan warung makanan.
Seperti yang dikeluhkan salah seorang penjual nasi kuning dan bihun, Rosdiana, Jl Ir H Juanda. Me-nurutnya, dengan naiknya bawang, ia agak bingung memberikan harga jual untuk nasi kuningnya, serba salah jika terus menerus naik. “Susah juga kalau bawang naik, sekarang Rp60 ribu di pasar, jadi mau nggak mau kita biasanya kasih lebih bawang goreng jadi sedikit saja. Diirit sebisa mungkin,” ujarnya.
Hal yang sama dengan penjual empek-empek Palembang di Gunung Sari, Sri Yanti. Menurutnya, jika kenaikan ini berlangsung lama, jelas pendapatan akan berkurang.
Untuk itu ia berharap agar pemer-intah segera mungkin kondisi yang cukup meresahkan masyarakat ini.
Kenaikan yang melonjak ini juga berimbas pada pedagang sayur mayur yang berjualan keliling rumah ke rumah. Menurut Dadang, pedagang sayur keliling yang menggunakan motor, ia tidak berani menjual bawang putih dan bawang merah. Pasalnya harganya terlalu tinggi. “Nggak berani saya jual. Bingung mau dijual berapa nantinya, soalnya terlalu mahal, di pasar aja sekilo sudah Rp60 ribu, bagaimana mau ngecer?” keluh Dadang.
Di pasar sendiri menurut Rizal, jarang yang membeli bawang dengan jumlah yang banyak. Kenaikan harga bawang ini juga dikeluhkan penjual, sebab omzet yang biasanya Ia peroleh perhari sekitar Rp 500.000 hingga Rp1 juta, hal tersebut jarang didapat sejak kenaikan bawang.(ool)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web