Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
BBG, Pertamina Siapkan 30 Ribu LSP

BBG, Pertamina Siapkan 30 Ribu LSP


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 06:00:45
BALIKPAPAN - PT Pertamina siap laksanakan program peralihan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) di Kota Balikpapan. Sejak awal pekan lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memasang converter kit kepada 150 kendaraan dinas di lingkungan Pemkot Balikpapan. Untuk suplai kebutuhan gas, Pertamina siapkan 30 ribu liter setara premium (LSP) per hari.

“Kita siapkan 1 MMSCFD atau setara 30 ribu LSP per hari,” kata Manager EBT Korporasi Gas Pertamina, Ryrien Marisa, Jumat (7/10).

Namun, dia belum ungkapkan kapan program pengisian BBG untuk kendaraan pelat merah milik Pemkot Balikpapan dimulakan. “Masih menunggu izin dari Chevron,” sebutnya.

Sebelumnya, Pemkot akan membantu percepat proses pemasangan converter kit untuk kendaraan dinas. Kabag Ekonomi Setkot Balikpapan, Arzaedy Rachman menargetkan pemasangan converter kit dibiayai APBN itu akan selesai dalam 20 hari. Pemasangan alat itu dilakukan di halaman bekas gedung Polda Kaltim, tepat di samping kantor wali kota Balikpapan.

“Targetnya 20 hari sudah selesai. Sekarang ini sedang teknis pemasangan konverter kit yang bakal diisi gas. Masih dikondisikan, insya Allah pekan depan mobil yang masuk Satelit Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) akan diisi gas,” jelasnya.

Kontraktor pelaksana pemasangan converter kit, PT Raja Rafa Samudra akan menambah 10 petugas dimulai pekan depan. Sehingga, dalam sehari pemasangan converter kit akan rampungkan 14 unit kendaraan dinas pemkot. “Saat ini hanya 5 petugas. Rencananya bakal ditambah lagi,” kata Teknisi PT Raja Rafa Samudera, Tri, kemarin.

Selain untuk kendaraan dinas Pemkot Balikpapa, SBPG utama di Jalan Ahmad Yani, Muara Rapak juga diperuntukan untuk program jaringan gas rumah tangga mencapai 3.000 sambungan yang tersebar di tiga kelurahan, yakni Sumber Rejo, Karang Jati dan Karang Rejo. Ditarget, program tersebut terlaksana akhir Oktober 2016.

Kementerian ESDM juga membangun dua SPBG lain, di Jalan Patimura Balikpapan Utara dan Jalan Iswayudi Balikpapan Selatan. Nantinya, keberadaan SPBG akan memasok kebutuhan BBG untuk kendaraan di Balikpapan. (din)

loading...

baca LAINNYA