Home >> Politik >> Belum Ada Pendaftar Calon Ketua di Kukar

Belum Ada Pendaftar Calon Ketua di Kukar

Musda Golkar Balikpapan Masih ‘Teka-Teki’

SAMARINDA – Agenda konsolidasi kepengurusan Golkar tingkat kabupaten/kota di Kaltim mendekati rampung. Delapan daerah sudah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) dan telah memiliki ketua baru. Adapun saat ini yang tersisa pelaksanakan Musda Golkar Kukar dan Golkar Balikpapan.
Musda Golkar Kukar dipastikan tuntas dua hari mendatang, Kamis (24/11). Gelaran memilih ketua baru itu akan terlaksana selama dua hari di Hotel Grand Elty Tenggarong. Berbeda dengan jadwal Musda Golkar Kota Balikpapan yang sampai saat ini masih belum ada.
Beredar kabar, salah satu penyebab molornya gelaran Musda Golkar Balikpapan karena dihadapkan dengan dinamika pencalonan yang alot. Jumlah bakal calon yang mencuat belakangan ini disebut-sebut lebih dari dua figur, Andi Burhanuddin Solong (ABS) selaku petahana dan ‘kuda hitam’ Rahmad Mas’ud, Wakil Walikota Balikpapan sekaligus Wakil Ketua Golkar Kaltim, Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Balikpapan.
Sekretaris Golkar Kaltim, Abdul Kadir menepis rumor yang menyebutkan meruncingnya perseteruan para bakal calon menjadi ‘biang keladi’ terhambatnya proses penjadwalan Musda di Kota Minyak. “Bukan itu penyebabnya, tidak ada polemik (Golkar Balikpapan). Soal jadwal, kita masih menunggu konfirmasi Ketua Golkar Kaltim, Rita Widyasari karena beberapa waktu lalu di media beliau kan ada statemen akan bertemu Pak ABS dulu,” terang Kadir kepada media ini, kemarin.
Kadir membenarkan tiga figur menguat menuju pintu pendaftaran calon. Selain ABS, Rahmad Mas’ud adapula Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh. “Kalau (calon) kandidat, masih tiga figur itu (ABS,Rahmad dan Abdulloh), tapi jika ada kader di luar itu yang mau maju ya silakan. Tahapannya akan dibuka secara demokratis dan kita akan mengacu pada aturan partai,” jelas Kadir.
Sedangkan di Musda Golkar Kukar, dua hari jelang digelarnya Musda Golkar Kukar pendaftaran bakal calon Ketua Golkar Kukar, masih sepi peminat. Panitia penerimaan bakal calon hingga Senin (21/11) sama sekali belum ada menerima pelamar.
Sebagai langkah persiapan, Panitia Pelaksana (Panpel) sudah mengajukan izin melaksanakan Musda ke Polres Kukar. Hal ini diungkapkan Ketua Panpel, Hadarudin saat dihubungi Koran Kaltim, Senin (21/11) kemarin.
Menurut dia persiapan pelaksanaan Musda sudah mencapai 60 persen. Untuk menggelar Musda kata dia hanya tinggal menunggu terbitnya izin Polres yang dilanjutkan dengan pemasangan atribut partai.
Sebagai partai besar kata Hadarudin Golkar tak ingin menyalahi aturan, yakni ketika melaksanakan kegiatan harus ada izin dari pihak berwajib. “Kita sudah mengajukan izin ke Polres. Insyah Allah izin itu keluar hari ini (kemarin) dan bendera, umbul-umbul dan baliho akan dipasang malam ini (Tadi malam),” kata Hadarudin.
Menyangkut persyaratan pencalonan, Hadarudin mengatakan syarat untuk bisa ‘Bertarung’ di Musda sejauh ini masih digodok oleh Steering Comitee (SC) atau panitia pengarah, yakni Salehuddin S.Fill, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Wilayah Golkar Kukar yang juga ketua DPRD Kukar.
“Mungkin sehari atau saat pagi dilaksanakan Musda baru ramai mendaftar. Seperti banyak diberitakan, banyak calon yang akan mendaftar. Kami juga menunggu SC membuat syarat untuk pelaksanaan Musda, tugas kami hanya pelaksana Musda,” terangnya.
Pelaksanaan Musda Golkar Kukar dikabarkan bakal berlangsung dengan pemilihan. Berbeda dengan pelaksanaan Musda di sejumlah daerah yang selalu ditentukan dengan kemenangan aklamasi. Sejumlah kandidat figur ramai disebutkan bakal merebut kursi Golkar Kukar 1 dari tangan Rita Widyasari yang saat ini menjabat sebagai Ketua Golkar Kaltim. Beredar kabar sejumlah figur yang bakal bertarung diantaranya, Abdul Rasyid, Salehuddin, S.FilI (Ketua DPRD Kukar), Salehuddin (Ketua Komisi III DPRD Kukar), Awang Yacoub Fathan. (ami/sof215)