Home >> Politik >> Belum Muncul Figur Pengganti Rita Widyasari

Belum Muncul Figur Pengganti Rita Widyasari

Sehari Jelang Musda Golkar Kukar, Masih Belum Ada Pelamar

TENGGARONG – Sehari jelang pelaksanaan Musyawarah daerah (Musda) Golkar Kukar ke VIII, sejumlah figur calon pengganti RIta Widyasari masih belum berani menampakkan nyali, Kamis (24/11). Sejumlah figur yang sebelumnya disebut-sebut bakal bertarung memperebutkan kursi Golkar Kukar 1 sama sekali belum menampak-kan diri. Panitia pendaftaran hingga Kamis malam, sama sekali belum mengeluarkan selembar kertas formulir pendaftaran.
Sesuai rencana, Musda Golkar Kukar akan digelar dua hari berturut-turut yang dimulai Jumat (25/11) hari ini di Hotel Grand Elty-Singgasana, Tenggarong. Sebagai langkah persiapan, panitia pelakasana sudah menggelar gladi bersih, Kamis sore.
“Hingga sore ini belum ada yang mendaftar. Kemungkinan menjelang pembukaan atau menjelang pemilihan biasanya ada yang mengajukan diri,” kata Ketua Panitia Penyelenggara (Panpel) Musda, Hadaruddin ditemui media ini, kemarin.
Sebelumnya, jadwal Musda partai beringin di Kukar ini sudah dua kali tertunda. Jadwal ketiga, 25-26 November sudah dipastikan tidak lagi bergeser. Musda merupakan ajang pemilihan ketua baru bagi partai berlambang pohon beringin ini.
Gelaran Musda kali ini, para kandidat nantinya akan memperebutkan sebanyak 23 suara. Mereka pemilik suara, terdiri dari unsur perwakilan pengurus provinsi, pengurus Kabupaten Kukar, dewan pertimbangan, pengurus tingkat kecamatan (PTK), organisasi mendirikan dan organiasi didirikan, serta organisasi sayap.
“Total suara ada 23, PTK 18 suara, masing-masing perwakilan DPD I, DPD II, Dewan Pertimbangan hingga organisasi-organisasi seperti mendirikan dan dirikan, serta sayap partai punya satu suara,” tutur Hadaruddin.
Ia berharap Musda kali ini berjalan lancar dan aman. Ia memperkirakan bakal banyak kader yang akan bertarung berebut kursi Ketua Partai Golkar Kukar tersebut. Mantan Ketua Pengkab PASI Kukar ini mengingatkan semua calon agar mengedepankan persaingan sehat dan baik.
“Saya perkirakan akan banyak calon yang maju, semoga saja lancar, artinya persaingan tetap bagus, kalau memang ada. Kalaupun hanya ada satu nama yang muncul, atau aklamasi, kita syukuri saja,” sebut Hadaruddin.
Sampai Kamis sore, persiapan panpel sudah mencapai 90 persen. Sisanya, 10 persen tinggal pelaksanaan Musda, Jumat (25/11). Peserta Musda sebagian besar juga sudah berdatangan dan menempati kamar yang sudah disiapkan panitia di Hotel Grand Elty Singgasana.
“Sebagian besar peserta sudah ada yang masuk, beberapa unsur PTK (Pengurus Tingkat Kecamatan, Red.) sudah datang, ada beberapa kecamatan yang dekat belum (masuk, Red.), kalau yang jauh rata-rata sudah masuk,” ujar Hadaruddin.
Untuk diketahui, pelaksanaan Musda Golkar Kukar diprediksikan bakal berlangsung seru dan ketat, tidak sepertti pelaksanaan Musda di sejumlah daerah yang selalu ditentukan dengan kemenangan aklamasi. Ada sejumlah kandidat yang disebut-sebut bakal bersaing menggantikan posisi Rita Widyasari.
Sejumlah figur disebut-sebut bakal bertarung diantaranya, Abdul Rasyid, Salehuddin, S.FilI (Ketua DPRD Kukar), Salehuddin (Ketua Komisi III DPRD Kukar serta Awang Yacoub Luthman dan Fathan Junaidi. (ale)