Home >> Kutai Kartanegara >> Belum Rekam KTP-el, Hak Pilih Hilang

Belum Rekam KTP-el, Hak Pilih Hilang

TENGGARONG – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara, Getsmani Zeth mengimbau masyarakat agar segera melakukan rekam data KTP-el. Masyarakat yang tidak melakukan rekam data kependudukan dipastikan tidak bisa menyalurkan hak pilih dalam Pemilu maupun Pilkada 2018 mendatang.
“Aturannya, masyarakat yang tidak melakukan rekam akan kehilangan hak pilih,” kata Zeth didampingi Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Yasmet.
Menurutnya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan KPU Kukar merupakan data dari Disdukcapil yang dihimpun dari warga yang telah melakukan rekam data kependudukan. “Sehingga kami imbau masyarakat untuk segera melakukan rekam data,” harapnya.
Disdukcapil menargetkan perekaman data kependudukan rampung pada Februari 2017 mendatang. Saat ini, masih ada sekitar 37.804 jiwa yang belum melakukan rekam KTP-el dari jumlah wajib KTP yang mencapai 404.006 jiwa.
Sebenarnya, kata Yasmet, tidak ada alasan bagi warga Kukar belum melakukan rekam KTP-el. Pasalnya, rekam data kependudukan bisa dilakukan di seluruh kecamatan dan di kantor Disdukcapil.
“Bahkan Mendagri menge-luarkan aturan bahwa masyarakat bisa melakukan rekam data di mana saja. Misalnya, ada warga Kukar yang meran-tau di Pulau Jawa, mereka tidak perlu pulang ke kampung halaman hanya un-tuk melakukan rekam KTP-el,” jelasnya.
Namun, Disdukcapil Kukar sejak beberapa waktu lalu terpaksa menghentikan pencetakan KTP-el karena habisnya persediaan tinta.
“Tapi sejak Oktober sudah dikelluarkan surat keterangan yang langsung ditandatangani Kadisdukcapil Kukar. Surat kegunaannya sama dengan KTP. Kita berharap masyarakat bisa memaklumi ini, karena ini terjadi di seluruh Indonesia,” terangnya. (ind)