Jumat, 15/12/2017

Pembangunan Oprit Jembatan Mandeg Lagi

Jumat, 15/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pembangunan Oprit Jembatan Mandeg Lagi

Jumat, 15/12/2017

logo

TANJUNG SELOR-Meski sudah bisa digunakan sebagai fasilitas umum oleh masyarakat, pembangunan Jembatan Salimbatu penghubung Tanjung Palas dan Desa Salimbatu Tanjung Palas Tengah, ternyata belum tuntas serratus persen. 

Pembangunan fisik jembatan dipastikan belum tuntas. Pasalnya, oprit atau timbunan tanah berupa urugan di belakang abutment yang dibuat sepadat mungkin untuk menghindari penurunan kondisi bangunan jembatan itu, hingga saat ini masih belum disempurnakan. 

Pembangunan jembatan yang awalnya menggunakan anggaran kegiatan multiyears atau tahun jamak, dimulai sejak 2006 silam. Kemudian oleh Pemkab Bulungan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) dilanjutkan kembali pada 2013-2015 lalu sekitar Rp28 miliar. Namun karena belum sempurna, kegiatan dilanjutkan kembali dipembangunan parsial pada tahun 2016 sekitar Rp4,2 miliar. Lagi-lagi, jembatan itu pembangunan jembatan belum bisa dituntaskan. 

“Anggaran untuk melanjutkan pembangunan itu di kita (Bulungan) memang saat ini tidak ada. Untuk kewenangan juga masih ada di kabupaten. Meskipun masih tanggungan kita, tapi untuk itu kita belum bisa bangun,” ujar Kepala Bidang Bina Marga DPU-TR Bulungan Fakhrudin. 

Hingga 2018, sebutnya, anggaran juga masih belum dipastikan, namun di APBD Bulungan sendiri untuk oprit belum terakomodir. Namun, upaya untuk menyempurnakan fisik jembatan berupa oprit tersebut, dikatakan Fakhrudin sudah diusulan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018. “Tapi saya juga belum bisa pastikan direspons atau tidak untuk itu. Memang kita (DPU-PR) juga kebagian DAK, tapi mana saja kegiatan melalui DAK kami belum tahu persis,” katanya. 

Diakui Fachrudin, penyempurnaan jembatan Salimbatu merupakan salah satu kegiatan yang diprioritaskan Bulungan. Sejauh ini, pihaknya, juga berupaya mencari peluang anggaran untuk kegiatan tersebut. Dijelaskannya, jika melihat kondisi saat ini dengan perkembangan harga dilapangan diperkirakan untuk penyempurnaan jembatan masih perlu ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. 

“Kan itu kekuatan opritnya masih belum sempurna. Kondisi keuangan saat ini juga tak bisa paksakan, ya 2017 ini juga belum bisa kita lakukan. Pembangunan juga tidak mungkin hanya disitu saja kita lakukan, tapi yang sementara bisa dimanfaatkan masyarakat dulu lah,” sebutnya. 

Tak dipungkirinya, proses pembangun-an jembatan tersebut sudah memakan waktu lama dan anggaran yang tidak sedikit sehingga tentu saja harus juga menjadi perhatian serius. (an)

Pembangunan Oprit Jembatan Mandeg Lagi

Jumat, 15/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.