Kamis, 28/12/2017

Jumlah Penduduk Berkurang 10 Ribu Jiwa

Kamis, 28/12/2017

Suyanto

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Jumlah Penduduk Berkurang 10 Ribu Jiwa

Kamis, 28/12/2017

logo

Suyanto

PENAJAM - Sertelah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit), diketahui jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengalami penurunan. Jumlahnya signifikan mencapai 10 ribu jiwa. Penurunan jumlah penduduk ini terhitung sejak empat tahun terakhir.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Suyanto membantah adanya penurunan jumlah penduduk selama empat tahun terakhir. Dia menjelaskan, penurunan ini lebih dikarenakan banyak terjadi pendataan ganda karena sistem kependudukan masih terpisah-pisah.

Berdasarkan data Disdukcapil PPU, tercatat jumlah penduduk tahun 2014 di Kabupaten PPU berjumlah hingga 174.120 jiwa. Angka itu berkurang mencapai 10 ribu orang pada 2017 ini.

“Untuk perbandingan penduduk dari beberapa tahun lalu, itu memang ada perubahan jauh, karena pada posisi waktu itu langsung dilakukan coklit, tidak dilaksanakan pendataan,” ujar Suyanto ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis (28/12).

Menurut Suyanto, pengembangan data base kala itu memang belum sempurna. Sebelumnya, pendataan hanya melalui internal sehingga jumlahnya membludak. Dengan metode seperti itu, banyak data baru bermunculan padahal penduduknya tidak ada.

Pendataan pada tahun 2017 saat ini, data penduduk kata Suyanto telah falid, karena data base telah terkoneksi secara keseluruhan. “Penduduk sekarang ini bejumlah 166.554 jiwa, jumlah itu setelah dilakukan coklit, memang menurun tapi data ini sudah riil,” pungkasnya.

Saat melakukan coklit, Suyanto mengaku membersihkan data hingga ribuan jumlahnya. Data ini pula kata dia yang bakal menjadi data rujukan pemilih pada pemilihan kepala daerah mendatang. Dengan adanya pendataan data penduduk terbaru, Suyanto memperkirakan angka golongan putih alias golput diperkirakan akan menurun pula.

Suyanto menuturkan, saat ini masih terdapat 11.900 warga yang belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik, tapi jumalh itu sudah termasuk ke dalam pendataan penduduk yang berjumlah 166.554 jiwa. (wn1017)


Jumlah Penduduk Berkurang 10 Ribu Jiwa

Kamis, 28/12/2017

Suyanto

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.