Jumat, 19/01/2018

Distribusi Rastra PPU Belum Beralih ke Sistem Elektronik

Jumat, 19/01/2018

Sarnah

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Distribusi Rastra PPU Belum Beralih ke Sistem Elektronik

Jumat, 19/01/2018

logo

Sarnah

PENAJAM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) belum menerima instruksi peralihan program beras sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Padahal sejumlah daerah di Kalimantan telah memberlakukan bantuan melalui mekanisme akun elektronik dengan membelanjakan hasil bantuan di E-Warong yang telah disediakan.

Sesuai surat dari Kementrian Sosial untuk Dinsos Kabupateb PPU No.476/PFM/BS/12/2017 tertanggal 21 Desember 2017 tentang penyaluran bantuan sosial Rastra Tahun 2018 dan Fax Divre Kaltim No.F.1049/15010/21122017 tentang Proyeksi Data Pagu Rastra 2018 serta surat dari Badan Urusan Logistik (Bulog) No. B-349/15COO/12/2017 tentang Penyaluran Bansos Rastra 2018, bantuan sosial masih berberbentuk pangan yakni beras.

Kepala Sub Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten PPU, Sarnah menjelaskan pendistirbusian bantuan masih berupa beras kepada penerima Bansos Rastra di Kabupaten PPU sebanyak 9.565 KPM. Jumlah itu tidak mengalami perubahan dari tahun 2017 lalu.

“Jumlah beras yang diterima 10 kilogram (kg) perbulan, mulai dari Januari hingga Desember 2018, beras Rastra tidak ada harga tebus beras atau HTR, murni bansos,” ungkap Sarnah kepada media ini, Kamis (18/1).

Di Kaltim, sejumlah kabupaten/kota telah menerapkan bantuan pangan non tunai seperti di Kota Balikpapan, Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara. Sementara tujuh daerah lainnya masih menerapkan bantuan beras sejatera bagi warga kurang mampu.

Dirinya juga menjelaskan pendistribusian Rastra akan segera berjalan pada bulan Januari 2018 ini, dengan harapan kondisi cuaca bersahabat. Setidaknya jika cuaca cerah sarana transportasi bisa menyalurkan bantuan lancar sampai ke titik pembagian. “Untuk administrasi terutama SK tim udah kami buat dan kami akan sosialisasikan ke tingat Kecamatan mulai Kamis (18/1) di Kecamatan Babulu,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar menjelaskan kendala dalam penerapan BPNT tersebut karena kondisi geografis wilayah. Khusus di PPU kata dia diperlukan sistem jaringan dan penetapan harga bahan pangan di Elektronik Warong.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi, Kabupaten PPU masih menerapkan Rastra, nantinya kami akan melakukan pendampingan untuk pendistibusian dari Bulog kesejumlah KPM di Desa dan Kelurahan,” pungkasnya. (wn1017)

Distribusi Rastra PPU Belum Beralih ke Sistem Elektronik

Jumat, 19/01/2018

Sarnah

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.