Kamis, 06/07/2017

Tiga Puskesmas Tak Miliki Dokter

Kamis, 06/07/2017

Aliman

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tiga Puskesmas Tak Miliki Dokter

Kamis, 06/07/2017

logo

Aliman

SENDAWAR – Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Barat hingga kini masih membuka lowongan bagi para calon dokter yang ingin melamar untuk bekerja di wilayah itu. Persyaratan utama, para pelamar 

harus bersedia ditugaskan di 16 kecamatan se-Kubar.

Saat ini Kubar memiliki satu RSUD, 19 Puskesmas, serta puluhan puskesmas pembantu. Dari jumlah Puskesmas tersebut, tiga Puskesmas di tiga kecamatan tidak memiliki tenaga dokter.

”Yaitu Kecamatan Bentian Besar, Long Iram, dan Bongan. Memang seharusnya setiap puskesmas memiliki satu dokter agar pelayanan kesehatan masyarakat semakin baik, cepat, dan tepat,” jelas

Kepala Diskes Kubar, Aliman kepada Koran Kaltim, Selasa (4/7) di Sendawar.

Dia menambahkan, selama ini sejumlah dokter yang meninggalkan tempat tugas kerja bukan karena tidak betah tinggal di kawasan pelosok, tetapi sebagian besar lebih beralasan karena melanjutkan studi.

“Mereka (dokter) itu mengejar jenjang lebih tinggi, yakni sebagai dokter spesialis. Untuk menjadi spesialis ada batasan usia, sehingga kadang ada dokter yang meninggalkan tugas karena hal itu,” paparnya.

Meski demikian, kata Aliman, Diskes Kubar tetap optimis segera mendapat dokter pengganti untuk ditugaskan di tiga Puskesmas tersebut.  “Sudah ada beberapa pelamar, tapi kita masih terus buka lowongan hingga mencukupi target jumlah yang diharapkan,” bebernya.

Selain itu, Aliman mengharapkan agar putra-putri Kubar yang kuliah d ibidang kedokteran di luar daerah, setelah selesai pendidikan agar bersedia pulang untuk mengabdi di Kubar. Untuk tenaga perawat dan bidan sudah terbilang cukup.

“Pemkab juga menyebut ada sejumlah mahasiswa asal Kubar yang dibiayai melalui beasiswa daerah. Nah, nantinya bisa ditarik ke Kubar kalau sudah selesai pendidikannya,” ungkapnya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Long Iram, Lukman Hakim membenarkan kalau Pusksesmas yang dipimpinnya itu saat ini tidak memiliki dokter. Namun dia menyebut pelayanan dasar kesehatan

masyarakat tetap berjalan lancar.

“Kekosongan tenaga dokter di Puskesmas Long Iram sejak penghujung tahun lalu. Long Iram mencakup 11 kampung, memiliki Puskesmas di setiap kampung. Puskesmas induk di Kampung Long Iram Kota,” ujarnya.

Lukman Hakim juga menambahkan, meski pelayanan dasar kesehatan di Puskesmas Long Iram tetap lancar, namun pihaknya selalu berkoordinasi dengan Diskes terkait kekosongan tenaga dokter

itu. “Apalagi Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Long Iram 24 jam,” tambahnya. (imr)


Tiga Puskesmas Tak Miliki Dokter

Kamis, 06/07/2017

Aliman

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.