Sabtu, 03/06/2017

Bupati Berau Gagas Konsep Wisata Air

Sabtu, 03/06/2017

POTENSI: Sungai Segah bisa dikembangkan sebagai objek wisata air.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bupati Berau Gagas Konsep Wisata Air

Sabtu, 03/06/2017

logo

POTENSI: Sungai Segah bisa dikembangkan sebagai objek wisata air.

TANJUNG REDEB – Berbagai lokasi di Berau memiliki potensi dalam sektor pariwisata termasuk Sungai Kelay dan Segah. Namun, selama ini lokasi tersebut belum bisa digarap maksimal sehingga membuat wisatawan tidak sempat menikmati keindahan sungai yang berada di tengah-tengah ibu kota Bumi Batiwakkal ini.

Pemerintah daerah pun mulai merencanakan pengembangan wisata air yang akan dikelola di Sungai Segah dan Kelay. Bupati Muharram meminta agar pengusaha lokal bisa berpartisipasi dalam rencana ini untuk memajukan sektor pariwisata.

Menurut Muharram, selama ini para wisatawan yang masuk ke Berau tidak sempat mengunjungi wilayah yang ada di ibu kota. Sejak tiba di bandara, wisatawan langsung menuju ke objek wisata seperti Derawan, Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Padahal, beberapa objek wisata juga berada di ibu kota kabupaten. “Jadi tidak hanya lewat saja tapi bisa singgah juga untuk berwisata di Tanjung Redeb,” ujarnya.

Kondisi ini lah yang memberikannya ide untuk memanfaatkan Sungai Segah dan Kelay. Ini bisa menarik wisatawan dengan menyajikan wisata air. Seperti yang telah dilakukan di Samarinda, dengan menghadirkan kapal wisata. Muharram pun berkeinginan bisa menghadirkan kapal serupa untuk menyusuri sungai Segah dan Kelay. “Kalau bisa pengusaha juga ikut terlibat membangun kapal wisata ini,” harapnya.

Ia menyebutkan, investasi yang dibutuhkan membangun satu unit kapal tentu tidaklah terlalu besar. Dengan desain khusus, lengkap dengan ruang makan maupun ruang bernyanyi, Bupati yakin fasilitas wisata sungai tersebut akan sangat diminati oleh masyarakat. Karakteristik sepanjang sungai di Berau, jauh lebih variatif dibanding daerah lainnya. Kalau perjalanan sungai, dimulai dari Tanjung Redeb, menyusuri hingga ke muara sungai, akan banyak pemandangan yang menarik. “Saya optimistis, peminatnya sangat besar, terutama di akhir pekan,” kata Muharram.

Dengan demikian, wisatawan yang akan ke Derawan maupun yang kembali, sebelum melanjutkan perjalanan pulang, bisa menikmati satu atraksi yang lain, yakni wisata sungai. “Kita harus jauh lebih baik dengan yang sudah ada di Samarinda,” tambahnya. (sam)


Bupati Berau Gagas Konsep Wisata Air

Sabtu, 03/06/2017

POTENSI: Sungai Segah bisa dikembangkan sebagai objek wisata air.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.