Senin, 10/07/2017

Sebanyak 30 Ribu Bibit Cabai Siap Tanam

Senin, 10/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sebanyak 30 Ribu Bibit Cabai Siap Tanam

Senin, 10/07/2017

TANJUNG SELOR – Pemkab Bulungan melalui Dinas Pertanian (Disperta) Bulungan, kembali melakukan Upaya Khusus (Upsus) salah satu komoditi pangan di Bulungan. Jika sebelumnya hanya padi, jugung, dan kedelai, kali ini pihaknya melakukan upsus tanaman cabai dan bawang merah, yang juga merupakan program kementerian pertanian. 

Kepala Disperta Bulungan M.Iqbal mengatakan, untuk program ini ada sekitar 30 ribu bibit cabai yang sudah disiapkan dan siap tanam, baik bagi petani maupun masyarakat umum. Hal ini merupakan dukungan adanya upsus cabai dan bawang merah. 

“30 ribu bibit itu merupakan cabe rawit. Ini juga bagian dari gerakan menanam cabai di Bulungan. Memaksimalkan itu kita juga melakukan upsus cabai dan bawang merah khusus bagi petani,” ujar Iqbal. 

Dijelaskannya, untuk program upsus tersebut setidaknya ada sekitar 75 hektare lahan disiapkan yang diperuntukkan 25 hektare untuk tanaman cabai dan 50 hektare tanaman bawang merah. Dengan lokasi Upsus di kecamatan Tanjungn Palas Timur, Tanjung Palas Tengah dan Tanjung Palas Utara. 

“Progam ini sudah jalan, hanya saja untuk bawang merah belum. Sebab untuk bibit masih dibagi. Sebab ada dua jenis bibit bawang ini, ada yang berbentuk siung dan ada yang berbentuk biji, sementara masyarakat lebih suka yang berbentuk siung. Sehingga untuk itu sementara kami masih membagi sebanyak 25 hektare digunakan untuk bibit berupa siung, dan 25 hektare lagi yang berbentuk biji,” jelasnya. 

Menurut Iqbal, program ini mestinya disegerakan. Namun kendala di lapangan kadang menjadi penghambat. Seperti soal pengiriman bibit dari pemerintah pusat melalui kementrian terkait sedikit lambat, sehingga itu juga mempengaruhi. Sementara untuk cabai sebagian sudah ada yang tanam, sementara bawang merah belum.  

“Ini program 2017 sehingga harus segera kita tanam,” sebutnya. (an)


Sebanyak 30 Ribu Bibit Cabai Siap Tanam

Senin, 10/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.