Selasa, 18/07/2017

Erau Jendela Dunia untuk Mengenal Indonesia

Selasa, 18/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Erau Jendela Dunia untuk Mengenal Indonesia

Selasa, 18/07/2017

logo

TENGGARONG-Erau Adat Kutai & 5th International Folk Arts Festival (EIFAF) sebentar lagi akan dihelat secara meriah di Tenggarong Kutai Kartanegara. Upacara Adat Erau Kutai Kartanegara dengan ragam seni budaya yang ditampilkan telah mendapatkan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016 dalam Kategori Festival Budaya Terpopuler di Tanah Air.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni mengatakan EIFAF pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 22 - 30 Juli, dimana Upacara Erau Adat Kutai sendiri dilaksanakan selama satu minggu penuh di Keraton dengan rangkaian sebagai berikut Mendirikan Ayu-Ngulur Naga, Beluluh – Beumban, Bepelas-Begorok, Menyisik Lembuswana-Rangga Titi, Dewa Belian Menjala -Belimbur, Dewa Menjuluk Buah Kamal-Bergelar, Seluang Mudik-Merebahkan Ayu-Ngalak Air Tuli.

Sedangkan Upacara Erau Adat Kutai yang dilaksanakan lebih awal sebelum Erau dimulakan yakni Beluluh Sultan, Menjamu Benua, Merangin, Ngatur Dahar.

“Selama upacara Erau Adat Kutai berlangsung di dalam Keraton, seluruh kerabat Kesultanan, pejabat pemerintahan, para tokoh masyarakat dan pemimpin paguyuban serta tamu-tamu lainnya bersama-sama hadir di istana secara bergantian guna mengikuti rangkaian kegiatan upacara Erau Adat Kutai,” kata Sri, sapaan akrabnya kemarin. 

Sri menambahkan guna memeriahkan Upacara Erau Adat Kutai yang berlangsung di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, maka di luar keraton, berlangsung pesta rakyat yang tersebar di berbagai ruang publik dalam bentuk, kirab budaya internasional, pembukaan dan penutupan festival kesenian rakyat internasional dalam rangka erau adat kutai, festival kesenian rakyat internasional (panggung seni dan street performance), festival kesenian daerah kutai (festival Jepen, Tingkilan, Tarsul, Besyair dan Ngapeh);

Lomba Permainan (Belogo, Begasing, Bakiak, Engrang, Dagongan, Asen Naga, Behempas Bantal, Behempas Rotan, dan Menyumpit) dan Olah Raga Tradisional (Gubang Lunas dan Perahu Naga), Erau Expo dan Bazar Rakyat, Festival Kuliner. “Beseprah atau tradisi makan bersama duduk bersila yang dilaksanakan di jalan utama sepanjang 1 km bersama masyarakat, Green Tenggarong, Pemilihan Teruna Dara Cilik, Fashion Adat Kanak Kutai, Lomba Video Pariwisata Kukar dan Lomba Foto Eksotika Erau,” pungkasnya. (*hei) 

Erau Jendela Dunia untuk Mengenal Indonesia

Selasa, 18/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.