Senin, 24/07/2017

Bupati Lepas 237 Calon Haji Asal Paser

Senin, 24/07/2017

TAMU ALLAH: Ratusan Calhaj asal Paser dilepas oleh Bupati dan jajarannya menuju Baitullah. (FOTO: SUR/KK)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bupati Lepas 237 Calon Haji Asal Paser

Senin, 24/07/2017

logo

TAMU ALLAH: Ratusan Calhaj asal Paser dilepas oleh Bupati dan jajarannya menuju Baitullah. (FOTO: SUR/KK)

TANA PASER – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Senin (24/7), melepas sebanyak 237 jemaah calon haji (Calhaj) Kabupaten Paser yang akan menunaikan ibadah haji 1438 H ke tanah suci pada 2017 di Gedung Awa Mangkuruku Tanah Grogot.

Pelepasan calhaj turut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) HM Mardikansyah, Ketua DPRD H Kaharuddin, Asisten I Bidang Kesra Asmuni Samad, forum koordinasi perangkat daerah, dan jajaran pejabat di lingkup pemkab.

Bupati berharap kepada Calhaj asal Kabupaten Paser mampu melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk. Pasalnya, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam. “Kami imbau kepada para calhaj Kabupaten Paser untuk bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya di tanah suci sehingga menghasilkan ibadah yang baik, sempurna dan mampu meraih haji yang mabrur,” imbuhnya.

Ibadah haji, lanjut bupati, adalah ritual meneladani sikap Nabi Ibrahim AS yang merupakan kekasih Allah SWT. Dimana, ibadah ini mengajarkan pentingnya ketundukan, kepasrahan, perjuangan, pengorbanan dan keikhlasan kepada sang pencipta.

“Arti pentingnya ibadah haji, mengajarkan kita ketundukan berthawaf mengelilingi Ka’bah, mengajarkan kepasrahan Hajar sewaktu ditinggal Ibrahim ke Mekkah, dan perjuangan Hajatrberlari dari Shafa ke Marwah untuk mencarikan air putranya (Ismail),” ucapnya.

Kemudian, Bupati berpesan agar mengawali dengan niat yang tulus dan ikuti seluruh rangkaian haji sesuai cara yang telah diajarkan saat manasik. “Jauhi hal-hal yang bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan pahala haji, jagalah kekeluargaan dan kebersamaan sesama jemaah haji, hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain, dan jagalah kesehatan. Serta, laksanakan ibadah dengan tertib dan khusyu dengan menaati aturan dan jadwal yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati juga menitipkan harapan kepada calhaj Paser, supaya senantiasa mendoakan daerah. “Semoga, kita dapat mewujudkan Kabupaten Paser yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan. Serta, para calhaj kita kembali ke Paser dengan selamat, dan mendapat predikat haji mabrur, Amiin,” harapnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Paser H Mohlis menyebutkan, jumlah Calhaj Kabupaten Paser yang akan berangkat ke Tanah Suci pada 10 Agustus 2017 adalah sebanyak 237 orang.

“Karena pada umumnya jamaah haji asal Paser berumur di atas 50 tahun, maka pelepasan dilakukan lebih cepat dari tanggal keberangkatan. Harapannya, pada saat pemberangkatan nanti, jamaah calon haji bisa lebih fokus,” ungkapnya.

Cahja asal Paser tertua berusia 94 tahun atas nama Muhammad Amin Karyono, Warga Desa Meruat, Kecamatan Long Kali. “Sedangkan calhaj termuda, adalah Siti Nordiana yang berusia 25 tahun, warga Desa Labuang Kallo, Kecamatan Tanjung Harapan,” sebutnya.

Mohlis mengatakan, Calhaj Kabupaten Paser merupakan kloter 10 dari pemberangkatan embarkasi Balikpapan. “Mereka  bertolak menuju Negara Arab Saudi pada 11 Agustus 2017, bersama Calhaj asal Balikpapan dan Berau dengan penerbangan GA 4110,” pungkasnya. (sur)


Bupati Lepas 237 Calon Haji Asal Paser

Senin, 24/07/2017

TAMU ALLAH: Ratusan Calhaj asal Paser dilepas oleh Bupati dan jajarannya menuju Baitullah. (FOTO: SUR/KK)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.