Selasa, 25/07/2017

Bidik Pemula, KPU Gelar Kelas Pemilu

Selasa, 25/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bidik Pemula, KPU Gelar Kelas Pemilu

Selasa, 25/07/2017

PENAJAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara fokus menggarap pemilih pemula. Targetnya adalah pemilih yang sudah cukup umur dan duduk di sekolah menengah atas (SMA). Selasa (25/7) kemarin, KPU PPU menggelar kelas pemilu di SMKN 2 Penajam.

Ketua KPU PPU Feri Mei Effendi mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan pemilu untuk memberikan pemahaman terkait kepemiluan. Mereka hadir untuk memberikan sosialisasi semua materi tentang pemilu.

“Sosialisasi yang dilakukan KPU saat ini dilakukan secara langsung kepada para pemilih pemula yang berstatus pelajar, dan kini kami gelar di SMKN 2 Penajam, sementara kegiatan serupa juga bakal segera di gelar di sekolah lainnya di wilayah PPU,” katanya.

Ia menjelaskan, karena target kelas pemilu ini merupakan pemilih pemula maka semua pesertanya adalah siswa dan siswi di sekolah tersebut, dengan harapan pemilih ini memahami bagaimana cara menggunakan haknya sebagai pemilih kelak.

“Materi yang kami berikan semua terkait dengan aturan dan UU Pemilu, termasuk juga kami gelar simulasi pencoblosan yang diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali, khususnya mereka yang telah memenuhi syarat untuk menggunakan haknya dalam Pemilu kelak,”tukas Feri.

Ditambahkan, dalam kegiatan ini semua divisi di Sekretariat KPU menyampaikan materi, termasuk juga proses tahapan pemilu hingga penetapan pasangan calon terpilih juga disampaikan, sehingga peserta kelas politik ini dapat mengetahuinya.  

Feri menuturkan, terkait dengan tahapan pemilihan kepala daerah PPU, dijadwalkan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati kisaran 8 sampai 10 Januari 2018, hal ini sesuai dengan  Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelengaraan Pemilihan gubernur, bupati dan walikota.

“Pilkada PPU murni anggarannya berasal dari APBD PPU dimana telah disetujui oleh Pemkab PPU sekira Rp26,5 miliar dengan dua tahap panyaluran yakni tahun 2017 ini  dan tahun 2018 depan. Kini kami tinggal melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemkab PPU diperkirakan pada akhir Juli atau Agustus bulan depan. (nav)

Bidik Pemula, KPU Gelar Kelas Pemilu

Selasa, 25/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.