Rabu, 26/07/2017

153 Calhaj Berau Siap Berangkat

Rabu, 26/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

153 Calhaj Berau Siap Berangkat

Rabu, 26/07/2017

TANJUNG REDEB -  Jumlah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Berau yang akan berangkat ke tanah suci Makkah tahun ini mengalami penambahan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Berau, Alfi Taufik, menyebutkan sebanyak 153 Calhaj sudah siap untuk diberangkatkan. Hal itu disampaikan Alfi dalam pembukaan pembinaan manasik haji yang digelar di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Rabu (26/7).

“Penambahan jumlah Calhaj tahun ini seiring dengan mengambilan kuota awal dari pengurangan beberapa tahun sebelumnya. Jika tahun lalu 80 persen dari kuota sebanyak 111 jamaah, tahun ini sudah  normal 100 persen menjadi 139 jamaah ditambah dengan dua petugas pendamping,” ungkapnya.

Dijelaskan,  tahun ini juga ada penambahan kuota 10 jamaah untuk Kabupaten Berau. Jadi jumlah Calhaj Kabupaten Berau yang akan berangkat tahun ini sebanyak 153 orang. Dalam pembinaan manasik haji,  para Calhaj akan menerima pembinaan materi dengan narasumber dari beberapa instansi terkait dan materi perjalanan ibadah haji serta pembinaan praktek lapangan. “Melalui manasik ini diharapkan akan menjadikan para jamaah yang mandiri, seluruh jamaah dapat memahami dan dapat melaksanakan ibadah dengan baik,” katanya. 

“Pada tahun ini jamaah tertua berusia 81 tahun dan yang termuda berusia 19 tahun,” tandasnya.

Sementara Wabup Agus Tantomo, mengharapkan para Calhaj Kabupaten Berau untuk mengikuti pentingnya manasik haji. Para Calhaj telah mengikuti manasik tingkat kecamatan dan saat ini manasik massal tingkat kabupaten. “Manasik ini dikatakannya sangat penting karena untuk membiasakan dalam melaksanakan tahapan ibadah haji,” tegasnya.

Agus Tantomo yang baru pulang dari melaksanakan umroh pada Ramadan lalu, berbagai informasi terupdate tentang kondisi Makkah. Ia memaparkan kondisi kota Makkah dan juga masjidil haram sebagai bahan informasi bagi para calon jamaah. Begitu juga dengan kondisi cuaca di Arab Saudi yang kedepan ini menurutn cenderung sejuk, karena pada Ramadan lalu cukup panas. “Mudah mudahan kita dapat semakin siap melaksanakan ibadah ini, jaga kesehatan kita karena ini kesempatan kita yang sangat baik,” ucapnya.  (ind)


153 Calhaj Berau Siap Berangkat

Rabu, 26/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.