Jumat, 04/08/2017

Kaltim Remajakan 100 Hektare Tanaman Karet

Jumat, 04/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kaltim Remajakan 100 Hektare Tanaman Karet

Jumat, 04/08/2017

SAMARINDA -  Pemprov Kaltim menggunakan bantuan dari APBN melalui Kementerian Pertanian, melakukan peremajaan tanaman karet di atas kebun seluas 100 hektare (ha), demi membantu perkebunan rakyat dalam upaya meningkatkan produktivitasnya.

“Bantuan yang diberikan dalam rangka peremajaan ini berupa 55 ribu bibit karet, 15 ribu kilogram pupuk NPK dan 100 liter fungisida yang disalurkan kepada tiga kelompok tani di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim Ujang Rachmad.

Meski saat ini pihaknya menyerahkan bantuan untuk perkebunan rakyat, namun ke depan bantuan serupa akan terus dilakukan meskipun tidak bisa dilakukan sekaligus.

Bantuan peremajaan tanaman, katanya, akan terus dilakukan secara bertahap guna membantu petani karet melakukan peremajaan kebunnya, karena dengan bantuan tersebut diyakini dapat meningkatkan produktivitas tanaman sehingga dapat menyejahterakan pekebun di masa datang.

“Dalam jangka pendek bantuan ini sudah dapat meringankan petani karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian bibit dan pupuk, sedangkan dalam jangka panjang, tentu mereka lebih makmur karena produktivitasnya meningkat,” tutur dia

Kegiatan peremajaan karet seluas 100 hektare ini mendapat dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ada di pos Satuan Kerja (Satker) 05 Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun), Kementerian Pertanian.

Ia juga mengatakan bahwa peremajaan kebun karet rakyat di wilayah kabupaten tersebut akan terus dilakukan, karena akhir-akhir ini banyak kebun masyarakat yang berisi tanaman sudah berusia tua.

Selain melakukan peremajaan kebun karet,  Disbun Kaltim juga memberikan pembekalan kepada petani mengenai teknik mengoptimalkan hasil kebun karet, termasuk pembekalan tentang cara menghindari serangan hama atau tanaman pengganggu sehingga pertumbuhan tanaman menjadi normal. (ant)


Kaltim Remajakan 100 Hektare Tanaman Karet

Jumat, 04/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.