Jumat, 04/08/2017

APBD Baru Terserap 45 Persen

Jumat, 04/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

APBD Baru Terserap 45 Persen

Jumat, 04/08/2017

logo

Rata-Rata Target Terpenuhi

SAMARINDA – Dengan kondisi fiskal yang belum menggemberikaan ini, setiap kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) semakin terpangkas. Untuk penggunaan APBD saja sampai saat ini baru terlaksana 45 paket dengan total anggaran Rp112,97 miliar yang dimulai sejak Maret lalu.

Namun menurut Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda setiap OPD telah mencapai target yang sudah direncanakan.

“Setiap informasi soal penggunaan APBD saat ini sudah terkoneksi dengan baik dan dapat terkontrol sehingga berdasarkan target masing-masing OPD sebenarnya rata-rata sudah melebihi target semua untuk penggunaan APBD,” ujar Sugeng, Kamis (3/8).

Untuk diketahui nilai APBD murni 2017 Rp2,4 triliun belum lagi anggaran ini harus dibagi untuk pembayaran utang dan pemotongan dana lebih salur Rp171 miliar. Sehingga wajar saja jika pengadaan di Pemkot Samarinda sangat terbatas khususnya bidang keuangannya.

Terpisah Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Kota Samarinda Anwar Juhri menyebutkan realisasi serapan APBD untuk fisik sampai pada Juni lalu telah mencapai 45,17 persen.

“Sedangkan untuk keuangannya sebenarnya itu kan menunggu pembangunan selesai, makanya saat ini angkanya baru mencapai 28,81 persen,” tutur Anwar.

Ia pun mengakui dalam penyempurnaan data penyerapan anggaran dari setiap OPD hanya bisa dibuka oleh instansi pemerintahan dan paling terbaru akan terbit selambat-lambatnya tanggal 10.

“Jadi setelah tanggal 10 itu baru bisa melakukan evaluasi. Kalau saat ini masih menggunakan data Juni karena pengumpulan berkas penyerapan anggaran paling lambat tanggal 5, sehingga kami baru bisa melakukan evaluasi setelah tanggal 10 Juli nanti,” tutur Juhri.

Sebab, pihaknya juga perlu turun ke lapangan untuk membuktikan keefektifan kegiatan yang dilakukan oleh setiap OPD. “Setelah kita melakukan pengecekan ke lapangan baru kita evaluasi,” demikian Anwar. (ms) 


APBD Baru Terserap 45 Persen

Jumat, 04/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.