Rabu, 07/06/2017

Dishub akan Periksa Kelengkapan Berlayar

Rabu, 07/06/2017

UTAMAKAN KESELAMATAN- Kondisi aktivitas yang ada di Pelabuhan Dermaga Kayan II.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dishub akan Periksa Kelengkapan Berlayar

Rabu, 07/06/2017

logo

UTAMAKAN KESELAMATAN- Kondisi aktivitas yang ada di Pelabuhan Dermaga Kayan II.

TANJUNG SELOR – Menjelang semakin dekatnya masa arus mudik lebaran,  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bulungan akan melakukan pemeriksaan kelengkapan keselamatan berlayar pada moda angkutan laut dan sungai (speedboat) di Pelabuhan Kayan II,  Pelabuhan Kulteka dan Pelabuhan Kayan III Tanjung Selor. 

Selain pemeriksaan, yang meliputi kelengkapan dokumen,  alat keselamatan,  seperti pelampung dan Apar, serta perlengkapan kesehatan, Dishub juga akan menempatkan personel untuk melakukan pengawasan penumpang di pelabuhan. 

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Laut dan Sungai Dishub Bulungan Mulyono mengatakan,  selain di ketiga dermaga resmi tersebut, pengawasan juga akan dilakukan di dermaga ilegal yang membawa penumpang menuju kota Tarakan.  Melihat hal tersebut, kata Mulyono, untuk pengawasan setiap dermaga atau pelabuhan pihaknya sudah memberikan petugas-petugas dari Dishub.

“Seperti di Kulteka itu sudah ada petugas yakni Sahbandar, kalau untuk yang Kayan III arah ke hulu juga sudah ada petugas kita disana. Mereka menjaga setiap hari untuk mengawasi, bukan hanya di bulan Ramadhan saja,” jelasnya kepada Koran Kaltara.

Dia juga mengatakan, belajar tahun-tahun sebelumnya,  penumpang speedboat akan meningkat,  saat seminggu jelang Idul Fitri. “Sebelum puasa ini sudah kita lakukan semacam pemeriksaan, tapi nanti kami akan lakukan lagi.  Hal itu untuk menunjang keselamatan para penumpag agar bisa selamat sampai tujuan,” ucapnya.

Adapun tempat-tempat resmi dan swasta  yang seperti Dermaga Kayan II dan lainnya tetap menjadi pengawasan dan pembinaan dishub. Pengawasan secara rutin perlu dilakukan karena masyarakat pengguna armada laut sering mengeluhkan minimnya keselamatan dan kenyamanan. Termasuk kapasitas speedboat juga perlu jadi perhatian. Yaitu tidak boleh memuat penumpang melebihi ketentuan. “Keselamatan penumpang sangat penting,” ujarnya,  seraya menegaskan pengusaha speedboat wajib menyediakan life jacket. 

Selain keselamatan penumpang, kerja sama dengan Kepolisian harus terus dijalin dengan baik. Meningkatnya jumlah penumpang dan tingginya aktivitas dermaga,  kata dia, terkadang membuat pengawasan menjadi longgar.

Celah tersebut, bisa saja digunakan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk membawa barang-barang terlarang. “Jangan sampai mereka-mereka itu menyusup. Ini terbukti pernah terjadi, maka itu kita harus waspada,” pungkasnya. (ike815)







Dishub akan Periksa Kelengkapan Berlayar

Rabu, 07/06/2017

UTAMAKAN KESELAMATAN- Kondisi aktivitas yang ada di Pelabuhan Dermaga Kayan II.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.