Selasa, 15/08/2017

Imunisasi Rubella Tuntas 100 Persen

Selasa, 15/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Imunisasi Rubella Tuntas 100 Persen

Selasa, 15/08/2017

TANJUNG SELOR – Bulan Agustus menjadi bulannya vaksin imunisasi campak dan rubella atau measles rubella (MR) di Indonesia. Pemerintah mulai melakukan imunisasi tersebut serentak di seluruh wilayah, termasuk Tanjung Selor pada Selasa 1 Agustus 2017 lalu.

Imuniasi tersebut juga digalakkan hingga ke pelosok pedesaan yang ada di Kabupaten Bulungan. Untuk periode pertama, imunisasi ini dilakukan kepada anak usia sekolah, khususnya SD, SMP termasuk untuk para ibu hamil (terlebih yang baru mengandung tiga bulan).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan, Idewan Budi Santoso mengatakan, untuk imunisasi campak dan rubella sudah dilakukan 100 persen yang dilakukan disejumlah puskesmas, praktek dan juga rumah sakit. “Imunisasi itu gratis di semua tempat kesehatan, baik di desa maupun di beberapa tempat yang ada di dalam kota,” ucapnya, kemarin (14/8).

Untuk imunisasi rubella sendiri, kata Budi, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus ini sangat mudah menyebar dengan adanya interaksi antara pembawa virus dan penerima. Biasanya kata dia virus ini disebarkan melalui sentuhan pada mata, mulut, hidung, atau bagian kulit yang sempat terkena lendir atau cairan oleh orang-orang yang sudah terinfeksi.

Biasanya anak yang mengalami atau terkena virus tersebut mengalami gejala demam ringan, sakit kepala, rasa nyeri pada tenggorokan, pilek, sesak nafas, mata kemerahan dan ruam-ruam pada wajah lengang, dan kaki. 

“Itu disebabkan karena virus, dan juga itu juga sebetulnya tidak bahaya dan itu juga tergantung pada daya tahan tubuh, tetapi untuk ibu hamil virus tersebut sangat berbahaya karena bisa menyebabkan anak yang ada di dalam kandungan cacat dan itu harus cepat diatasi,” jelasnya.

Komplikasi rubella sendiri bisa menyebabkan nyeri sendi. Sedangkan untuk bayi bisa menyebabkan kelainan jantung, indera mata, indera pendengaran, gangguan hati dan limpa, serta gangguan kognitif. “Kalau untuk ibu hamil memang harus ada perhatian khusus. Dan sejauh ini menurut petugas yang ada di lapangan, belum ada yang terjangkit virus rubella tersebut,” pungkasnya (ike815)  


Imunisasi Rubella Tuntas 100 Persen

Selasa, 15/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.