Senin, 21/08/2017

Banyak Pertimbangan untuk Terapkan FDS

Senin, 21/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Banyak Pertimbangan untuk Terapkan FDS

Senin, 21/08/2017

TANJUNG SELOR – Kondisi geografis yang berbeda, ditambah fasilitas yang belum semua sekolah lengkap, membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulungan, perlu mempertimbangkan lagi, jika akan menerapkan sistem Full Day School (FDS). 

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bulungan Yunus Luhat mengatakan, untuk di daerah perkotaan masih memungkinkan menarapkan FDS yang merupakan kebijakan dari pemerintah pusat melalui kementerian pendidikan tersebut. Namun itu pun, hingga saat ini masih mengundang pro dan kontra.

“FDS ini kan hari Sabtu dan Minggu libur, dan diharapkan untuk fokus pendidikan keluarga. Kalau kita di sini (Kabupaten Bulungan, Red.) tidak serta merta bisa menerapkan. Ini bukan tidak mau menuruti apa yang telah diperintahakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Tetapi ada juga daerah tertentu yang belum melaksanakan,” ungkap Yunus saat dijumpai Koran Kaltara, belum lama ini.

Dikatakan Yunus, pihaknya akan tetap konsen dengan cara melaksanakan pembelajaran yang tentu ada peningkatan-peningkatan lewat inplementasi kurikulum 2013. Di mana inplementasi kurikulum 2013 untuk 2017 ini terdapat tiga faktor utama yang wajib dilaksanakan oleh seluruh layanan pendidikan. Yaitu, penguatan pendidikan karakter, penguatan literasi dan ketiga pembelajaran abad 21. 

“Untuk sementara, 2017 ini tidak bisa diterapkan (FDS). Untuk target juga nanti kita akan lihat perkembangan dan keuntungan FDS. Karena toh juga pendidikan keluaraga,” ucapnya. Kata dia, bukan berarti, pihaknya tidak setuju dengan penerapan FDS. Namun hal ini harus disesuaikan dengan kondisi daerah. Misalnya ada guru mengajar di desa atau sebaliknya tentu guru juga harus pulang begitu juga murid. Tidak mungkin berada di sekolah setiap saat.

“Banyak tuntutan lain FDS ini, karena kita lihat juga kondisi geografisnya. Kalau kita terapkan begitu saja tentu hal ini juga tidak berjalan dengan maksimal. Kita mau agar dunia pendidikan ini berjalan sebagaimana mestinya, dan bisa menciptakan generasi muda yang berbakat. Kalau kita bicara FDS itu panjang sekali,” pungkasnya. (ike815)


Banyak Pertimbangan untuk Terapkan FDS

Senin, 21/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.