Senin, 21/08/2017

Pompa Air Sebabkan Kerusakan Jaringan

Senin, 21/08/2017

Aji Mirni Mawarni

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pompa Air Sebabkan Kerusakan Jaringan

Senin, 21/08/2017

logo

Aji Mirni Mawarni

SANGATTA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk tidak menggunakan mesin pompa untuk menyedot air ledeng secara langsung, karena akan menyebabkan pipa jaringan PDAM rusak.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Titra Tuah Benua, Aji Mirni Mawarni menjelaskan, jika masyarakat menyedot air dengan mesin pompa maka dalam proses penarikan air tersebut, terjadi tekanan tinggi ke dalam pipa. Sehingga, apapun yang berada di luar pipa ikut tertarik oleh derasnya mesin.

“Kami baru tahu ternyata pelanggan langsung menyedot air gunakan mesin pompa. Airnya disedot langsung dinaikkan ke atas tandon. Itu yang akan merusak jaringan. Karena lumpur, kotoran akan ikut tersedot,” ujar Mawarni.

Tidak hanya menyebabkan jaringan rusak, lanjutnya, keadaan air pun ikut memburuk. Yang semula jernih akan berubah menjadi keruh dan berbau. Bahkan, meteran air pun ikut terimbas karena putarannya lebih cepat.

“Akhirnya lumpur mengendap di dalam pipa. Air akan tersumbat dan menimbulkan bau. Selain kami yang rugi, masyarakat juga merasakan imbasnya. Pertama kotor, bau dan meter air juga cepat,” katanya. Secara aturan, pelanggan diharamkan menyedot gunakan mesin pompa secara langsung. Air bisa disedot jika sudah berada di penampungan utama.

“Hanya bagian bawah kewajiban kami melayani. Bukan ke tandon atas. Untuk bagian bawah air akan naik dengan sendirinya tanpa disedot. Kalau mau ke atas, sedot tandon bawah saja. Selain tidak merusak jaringan juga irit,” pungkas Mawarni. (yul1116)


Pompa Air Sebabkan Kerusakan Jaringan

Senin, 21/08/2017

Aji Mirni Mawarni

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.