Selasa, 29/08/2017

Disertasi Gubernur Ini Terindikasi Plagiasi

Selasa, 29/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Disertasi Gubernur Ini Terindikasi Plagiasi

Selasa, 29/08/2017

JAKARTA - Nama Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tercoreng akibat dugaan plagiarisme disertasi yang dilakukan sejumlah alumni pascasarjana. Kasus plagiat tersebut menimpa Nur Alam, Gubernur Sulawesi Tenggara yang resmi menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 2016 lalu.

Disertasi Nur Alam yang terindikasi melakukan plagiat tersebut bertajuk “Evaluasi Program Bank Perkreditan Rakyat Bahteramas di Provinsi Sulawesi Tenggara”.

Berkat disertasi tersebut, Nur Alam lulus menyandang predikat suma cumlaude. Ia memperoleh IPK Matkul 3.95, nilai ujian tertutup 3.86 dan ujian terbuka 3.87, dan tergolong lulus dengan pujian.

Namun, melansir dari laman Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) UNJ Didaktika, Senin (28/8), Tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) UNJ menemukan bahwa disertasi Nur Alam tersebut terindikasi menyadur dari laman-laman penyedia arsip disertasi di internet.

Saduran tersebut terdapat pada Bab I sebanyak 74,4 persen dari tulisan di laman penyedia arsip disertasi. Kemudian, Bab II dan Bab III, Tim EKA menemukan kejanggalan lain, yakni ketidaksinambungan tulisan di bab-bab tersebut dengan isi disertasi yang ditulis.

Bahkan, dituliskan pula bahwa sebagian besar isi dari Bab II dan III disertasi Nur Alam terindikasi plagiat dari artikel yang tersebar di internet. Bukan itu saja, Bab IV disertasi Nur Alam juga diduga plagiat dari Tugas Akhir (TA) mahasiswa Diploma 3.

TA yang diduga dijiplak Nur Alam adalah TA Mahasiswa Program Studi Keuangan dan Perbankan Universitas Sebelas Maret (UNS). Tajuk TA tersebut adalah “Strategi Penghimpunan dan Pengelolaan Dana Pihak Ketiga di PT BPR Nguter Surakarta”.

Padahal, sidang promosi doktor Nur Alam di UNJ tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UNJ Prof Dr H Djaali dan Prof Dr Maruf Akbar M Pd dan sejumlah guru besar sebagai anggota panitia ujian doktor.

Adapun Tim Penguji Doktor Nur Alam adalah, Ketua Penguji sebagai Promotor adalah Prof Dr Djaali, Sekretaris yakni Prof Dr Mochammad Asmawi, Prof Dr Mukhlis Erluddi, Prof Dr Ma`ruf Akbar, Prof Dr Madhakomala, Prof Dr Yetti Supriyati dan Prof Dr Billy Tunas. Demikian dilansir dari Antara, Selasa (28/8).

Selain Nur Alam, dugaan plagiasi disertasi juga membawa nama Sarifuddin Safaa, bertajuk “Evaluasi Program Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara”.

Disertasi Sarifuddin adalah pertama yang ditemukan indikasi plagiat oleh Tim EKA. (oz)


Disertasi Gubernur Ini Terindikasi Plagiasi

Selasa, 29/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.