Selasa, 29/08/2017

Dinsos Salurkan KIS APBD dan APBN

Selasa, 29/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dinsos Salurkan KIS APBD dan APBN

Selasa, 29/08/2017

PENAJAM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (28/8) kemarin menyalurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bersumber dari APBD PPU dan APBN kepada masyarakat. Penyaluran secara berjenjang  dari Kantor Camat diteruskan ke desa/kelurahan. 

Kasubbid Bantuan Sosial Korban Bencana Dinsos PPU yang juga Koordinator Satgas BPJS,  Agus Purwanto, mengatakan, penyaluran KIS yang dananya bersumber dari APBD hingga kini telah masuk tahap kedua. Tahap pertama pada April sebanyak 1.591 lembar dan tahap kedua sebanyak 1.613 lembar sehingga total tersalurkan sebanyak 3.202 lembar.

“KIS berasal dari APBD PPU total tersalurkan sebanyak 3.204 lembar dan merupakan periode Juli Agustus 2017,”tukasnya.

Untuk penyaluran KIS yang dibiayai dari APBN total sebanyak 104 kartu hanya untuk Desa Babulu Darat dan Desa Babulu Laut Kecamatan Babulu, dengan perincian Babulu Darat sejumlah  92 lembar dan sisanya sebanyak 12 untuk Babulu Laut.

Untuk diketahui, jelasnya, jumlah KIS APBN yang disalurkan melalui Dinsos PPU hingga hari ini berjumlah total 3.319 lembar. Pihaknya masih menunggu instruksi selanjutnya dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Jika kartunya datang maka segera disalurkan.

“Hingga kini kami tidak mengetahui berapa banyak KIS APBN yang telah dibagikan dimana hingga kini telah masuk tahap kelima, pasalnya untuk tahap pertama dan kedua dibagikan melalui Kantor Pos sementara mereka juga tidak memiliki data berapa banyak yang telah tersebar di PPU,”beber Agus.

“Sampai kini tidak ada kendala maupun protes warga terhadap penyaluran KIS APBD maupun APBN, tetapi kami  tidak memiliki data berapa jumlah KIS APBN yang tersalurkan dari total 16.681 kuota yang diberikan oleh Kemensos tersebut. Tetapi, apabila ada warga yang sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan nomor kartunya telah bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan di RSUD PPU,”tuturnya.

Ia menambahkan, Dinsos dalam hal ini hanya membagikan KIS dan kartu itu langsung dari pusat di mana awalnya kerjasama antara Kemensos dengan Kantor Pos pusat. Tetapi seiring dengan kondisi lapangan sehingga kini dialihkan penyalurannya melalui Dinsos masing – masing daerah sebab Surat Keputusan (SK) penerima KIS baik APBD maupun APBN diterbitkan oleh Dinkes .

Ke depan, terangnya, penyaluran KIS ini akan disampaikan langsung kepada warga tidak lagi secara berjenjang khususnya KIS APBD karena kartu itu sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kami berupaya agar KIS APBD itu bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan,”pungkas Agus. (nav) 


Dinsos Salurkan KIS APBD dan APBN

Selasa, 29/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.