Rabu, 30/08/2017

Yusriansyah: Potensi Ekonomi Paser Sangat Besar

Rabu, 30/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Yusriansyah: Potensi Ekonomi Paser Sangat Besar

Rabu, 30/08/2017

TANA PASER - Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawie mengatakan, peringatan hari Kemerdekaan RI ke-72 tahun dapat dijadikan momentum penguatan tekad kerja bersama di antara seluruh komponen bangsa.

“Jalinan kerja bersama antar komponen bangsa, bisa melahirkan kekuatan sinergis dalam membangun dan mewujudkan Kabupaten Paser yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan,” ungkapnya, kemarin.

Sebagai daerah yang jumlah penduduknya sekitar 262.301 jiwa, lanjut dia, Kabupaten Paser tentunya akan terus mengalami perkembangan dan dapat dipastikan menjadi daerah tujuan dari warga bangsa yang ingin mengembangkan diri, baik pada sektor ekonomi, pertanian dalam arti luas maupun sektor kehidupan lainnya.

“Di Kabupaten Paser bukan hanya suku Paser sebagai penduduk asli, tapi banyak suku bangsa lainnya telah berdomisili disini. Mereka telah berbaur dan menjunjung budaya bersama, hidup berdampingan dengan rukun dan damai di bawah naungan Pancasila dan UUD 1945, berbalut Bhinneka Tunggal Ika dalam wadah NKRI,” ucapnya.

Dikatakannya, Kabupaten Paser memiliki luas daratan 10.851,18 Kilometer persegi dan laut seluas 752,76 Kilometer persegi. Dengan begitu, maka Paser tentunya memiliki potensi yang dapat dikembangkan melalui visi terwujudnya Kabupaten Paser yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.

“Pemerintah Kabupaten Paser berharap, dengan mengusung visi tersebut, maka pada 10 kecamatan dan 139 desa, dapat ditingkatkan pembangunan infrastruktur transportasi, energi, air bersih dan pemukiman. Pembangunan infrastruktur di atas merupakan tantangan terbesar yang harus kami hadapi,” ujarnya.

Dijelaskannya, Pemkab Paser juga berupaya meningkatkan pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan. Sedangkan di bidang ekonomi, pemkab berupaya memperkuat pondasi perekonomian yang berbasis potensi lokal dan berkelanjutan.

“Untuk berbagai upaya itu, tentunya harus didukung oleh tata kelola pemerintahan yang berkualitas. Serta, adanya kohesivitas sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk dan heterogen ini,” paparnya.

Dan untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Paser tersebut, ia menerangkan, hanya dapat berjalan apabila terwujud keamanan dan ketertiban di daerah. Hal inilah yang membuat dirinya mengapresiasi jajaran TNI dan Polri yang terus menjaga dan membina kondisi aman di daerah.

“Kami juga berterima kasih kepada jajaran TNI, yang memberikan baktinya untuk membangun sumber daya manusia dan sektor pertanian di Kabupaten Paser. Kedepan, kami harap bisa mensinergikan banyak hal dalam rangka pembangunan daerah, guna mewujudkan hari esok yang lebih baik dari hari ini,” urainya.

Untuk diketahui, hingga sekarang sumber pendapatan Kabupaten Paser masih berasal dari sektor pertambangan sebesar 70 persen. Dimana, pendapatan sektor pertambangan ter-sebut berasal dari komoditas batu bara.

Jika harga batu bara mengalami penurunan, tentunya bagi hasil mendapat pengurangan. Sehingga berdampak pada APBD Kabupaten Paser. Makanya, sebelumnya APBD Paser 2016 sebesar Rp2,5 Triliun dan pada 2017 hanya mencapai Rp1,4 Triliun. (sur)


Yusriansyah: Potensi Ekonomi Paser Sangat Besar

Rabu, 30/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.