Selasa, 05/09/2017

Bontang Dikunjungi Juri Lomba Sekolah Sehat

Selasa, 05/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bontang Dikunjungi Juri Lomba Sekolah Sehat

Selasa, 05/09/2017

BONTANG - Pemkot Bontang menerima kunjungan tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Senin, 4 September 2017. Tujuh orang tim penilai tingkat Provinsi ini diantaranya utusan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Palang Merah Indonesia, Kementrian Agama, serta BPOM Kaltim.

Kunjungan dimulai sekira pukul 08.30 Wita di Taman Kanak-kanak (TK) Kuncup Melati, Jalan Cateliya PC VI PKT yang menjadi salah satu peserta lomba. Adapun peserta LSS tingkat provinsi lainnya, diisi SDN 001 Bontang Utara, SMPN 3 Bontang Selatan dan MAN Bontang Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bontang, Ahmad Suharto menerangkan bahwa pembinaan kesehatan di sekolah melibatkan berbagai sektor yang bersinergi dalam rangka mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. “Dengan adanya lomba ini, diharapkan menjadi pemicu bagi sekolah dan perangkat daerah terkait untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan,” kata Suharto.

Suharto mangatakan salah satu instrumen penilaian ini adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Selain itu, semua komponen pun harus memenuhi standar yang telah disepakati misalnya sekolah harus memiliki tempat cuci tangan serta WC yang bersih. “Tiap sekolah seharusnya memiliki suatu ruangan yang dimanfaatkan sebagi ruang UKS. Hal itu agar anak-anak dapat dicek kesehatannya secara berkala, misalnya melibatkan Puskesmas atau Rumah Sakit,” katanya .

Dengan demikian, lanjut Suharto, tenaga pendidik dapat melihat sejauh mana perkembangan para siswa didiknya. Ia pun berharap agar seluruh sekolah yang masuk ke tingkat provinsi ini dapat meraih prestasi memuaskan hingga tingkat nasional. Mengikuti jejak SD 2 YPK yang tahun lalu meraih juara dua nasional. “Lomba sekolah sehat ini memang menjadi agenda tahunan. Semoga Kota Bontang dapat memberikan kesan yang baik kepada tim penilai serta kembali meraih prestasi ditingkat nasional,” ucapnya.

Pencapaian SD 2 YPK itu pun, lanjut Suharto, adalah hasil kerja sama serta sinergi unsur kelurahan dan instansi terkait hingga pengarahan langsung dari Walikota Bontang.

Sementara itu, salah satu tim penilai, Ahmad Baikuni mengatakan sebelum masuk tingkat provinsi, peserta lomba terlebih dahulu harus masuk seleksi mulai dari kecamatan dan kota. “Jadi ada 39 instrumen yang akan dinilai dalam perlombaan ini. Isi instrumen pun sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Lomba ini untuk mencari juara yang akan mewakili provinsi Kalimantan Timur maju ke tingkat Nasional,” sebut tim penilai yang berasal dari Kementrian Agama Kaltim itu.

Baikuni melanjutkan, semua sekolah yang dinilai akan mewakili setiap tingkatan pendidikannya. Tiap tahun instrumennya pun tetap sama, namun ada poin tambahan yang diberikan saat proses penilaian karena ada riview khusus.(kb)

Bontang Dikunjungi Juri Lomba Sekolah Sehat

Selasa, 05/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.