Kamis, 14/09/2017

Harga Getah Karet di Kubar Tak Menentu

Kamis, 14/09/2017

NASIB PETANI: Rakor Pemkab Kubar membahas harga getah karet.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Harga Getah Karet di Kubar Tak Menentu

Kamis, 14/09/2017

logo

NASIB PETANI: Rakor Pemkab Kubar membahas harga getah karet.

SENDAWAR – Sejumlah petani karet di beberapa kecamatan di Kutai Barat (Kubar) mempertanyakan kinerja Pemkab Kubar dalam memperjuangkan harga getah karet. Hingga saat ini getah karet petani hanya dihargai Rp3 ribu hingga Rp4 ribu per kilogram (Kg).

Selama ini, Pemkab Kubar hanya mengimbau agar petani karet menjaga kualitas getah karet hasil sadapan. Tapi, perusahaan atau koperasi mana yang siap membeli hasil sadapan hingga kini belum diketahui.

“Hampir setiap bulan diimbau supaya petani menjaga kualitas getah karet agar bersih, supaya harga jual tinggi. Nah yang kami pertanyakan, siapa pembeli getah karet hasil produksi petani bersih?.

Kami belum tahu di 16 kecamatan ini siapa tengkulak yang berani beli harga tinggi,” papar Sarliansah (47) salah seorang petani karet di kawasan Kecamatan Linggang Bigung kepada Koran Kaltim di Kampung Linggang Amer, Selasa (12/9) sore.

Sarliansah menambahkan, selama ini dengan harga tak memadai itu, tengkulak yang ada di Kubar datang dari Kalimantan Selatan. Menurutnya, seharusnya pemerintah tidak hanya mengimbau, tetapi mendatangkan perusahaan yang sanggup membeli harga tinggi, atau menunjuk koperasi sebagai pengepul getah karet petani di Kubar.

“Kami baca di media imbauan Pemkab Kubar agar petani menjaga kualitas getah karet. Sementara salah satu perusahaan pembeli getah di Palaran, Samarinda yang terus dibanggakan Pemkab Kubar, sampai saat ini belum ada perwakilan atau belum ada gudangnya di Kubar. Yang kami harapkan

solusi nyata,” bebernya. 

Ariman (48) salah satu petani karet di Kampung Purwodadi, Kecamatan Linggang Bigung, menyebut ratusan petani di kawasan itu hingga saat ini hanya bisa menikmati harga getah karet Rp4

ribu per kg. “Belum ada, Cuma isu aja kalau ada perusahaan dari Palaran berani beli harga tinggi. Kalau memang benar, apakah sudah ada kerjasama dengan Pemkab Kubar. Dan perusahaan itu harus ada perwakilan di Kubar. Soal kualitas getah karet, mudah saja. Bagi petani yang tidak menjaga

kualitas getahnya, ya jangan dibeli,” ungkapnya.

Keluh kesah juga datang dari Supriyanto (42), petani karet di Kampung Srimulyo, Kecamatan Sekolaq Darat. Menurutnya, jika pemerintah ingin menaikkan harga tersebut, jalan terbaik adalah segera mengambil alih pabrik karet yang ada di Kampung Mencimai.

“Kalau cuma janji datangkan investor itu sudah bertahun-tahun, tapi kenyataannya tak ada. Selama ini petani jadi ‘kambing hitam’ dengan alasan karet kotor bercampur, sehingga harga jual rendah. Mustahil alasan itu, mudah saja, jika memang getah kotor, jangan dibeli dan ditandai. Karena tidak semua petani berlaku curang,” ungkapnya.

Dia menuturkan, pemkab harus mengambil alih pabrik pengolahan getah karet di Mencimai melalui salah satu Perusahaan Daerah (Perusda). Perusda diberikan wewenang sebagai pengumpul tunggal karet petani se-Kubar. “Tarik pabrik itu, berikan wewenang kepada salah satu Perusda untuk beli getah karet petani. Dengan demikian, maka harga karet bisa tinggi, normal dan terkendali,” imbuhnya.

Baru-baru ini, DPRD Kubar bersama Pemkab Kubar telah berkunjung ke pabrik pengolahan getah karet di Palaran, Kota Samarinda.  Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan menyebut, pabrik karet di Palaran itu bersedia membeli getah karet dari Kubar. “Saya sarankan, agar petani jujur, tidak mencampur getah karet dengan kotoran yang bisa menjatuhkan harga jual. Sehingga harganya bisa

tinggi,” jelasnya kepada wartawan.

“Sekarang ini, petani bersabar dulu. Pemkab Kubar upayakan secepatnya kerjasama dengan pabrik pengolahan getah karet dari Palaran, Samarinda. Itu diantara solusi menaikkan harga jual getah karet petani di Kubar. Tapi saya pesankan, getah karetnya harus bersih,” pungkasnya.(imr)

Harga Getah Karet di Kubar Tak Menentu

Kamis, 14/09/2017

NASIB PETANI: Rakor Pemkab Kubar membahas harga getah karet.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.