Jumat, 15/09/2017

Blanko e-KTP Kosong Lagi, Ragu Dapat Tambahan Stok

Jumat, 15/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Blanko e-KTP Kosong Lagi, Ragu Dapat Tambahan Stok

Jumat, 15/09/2017

TANJUNG SELOR – Setelah menerima jatah blanko E-KTP (elektronik Kartu Tanda Penduduk) beberapa waktu lalu, saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bulungan kembali kehabisan stok blanko tersebut. Menurut Kepala Disdukcapil Bulungan Abdul Wahid, blanko untuk E-KTP sudah  habis sejak Rabu (13/9) lalu. 

“Terakhir kita mendapat kiriman blanko sekitar 1500 keping. Tapi kemarin (Rabu, (13/9)) sudah habis lagi. Mau tidak mau masyarakat harus bersabar lagi,” ungkapnya kepada Koran Kaltara, Kamis (14/09). 

Dengan kondisi ini, kata Wahid, mau tidak mau pihaknya kembali memberlakukan Surat Keterangan (Suket) kependudukan sementara yang sesuai ketentuan hanya berlaku selama enam bulan sejak diterbitkan. Tak dipungkirinya hingga saat ini kebutuhan blanko masih sangat banyak. Bukan hanya yang sudah melakukan perekaman data dirinya, tetapi juga yang belum. 

“Kemarin juga cukup banyak kita punya blanko. Bahkan kita sempat pinjamkan ke Tarakan sekitar 500 keping termasuk juga ke provinsi. Tapi itu sudah dikembalikan, dan sekarang sudah habis lagi,” kata Wahid lagi. 

Menindaklanjuti kondisi tersebut, pihaknya juga sudah menyampaikan usulan blanko kembali kepada pemerintah pusat melalui provinsi. Sesuai ketentuan saat ini, untuk pengusulan blanko dilakukan melalui provinsi. Diakui Wahid, baik secara lisan maupun surat resmi kebutuhan blanko sudah disampaikan kepada provinsi. 

“Masih ada ribuan bahkan 10 ribu lebih yang masih perlu dicetak KTPnya. Baik yang sudah melakukan perekaman maupun yang belum, tapi kondisi kita sekarang (blanko habis) sudah saya sampaikan ke provinsi,” katanya. 

Meski demikian, dirinya juga masih ragu hingga akhir 2017 mendatang apakah blanko E-KTP bisa terpenuhi atau setidakanya mendapat tambahan dari pusat melalui provinsi.”Saya tak bisa pastikan masih ada tamabahan atau tidak. Tapi kalau ditanya perlu atau tidak pastinya kita masih sangat perlu blanko itu. Ya mudahan pemerintah bisa menyegerakan kebutuhan blanko kita di daerah,” pungkasnya. (an) 


Blanko e-KTP Kosong Lagi, Ragu Dapat Tambahan Stok

Jumat, 15/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.