Jumat, 15/09/2017

Bupati Muharram Deklarasikan SIGAP SEJAHTERA

Jumat, 15/09/2017

PELATIHAN – Bupati Muharram saat membuka pelatihan perluasan SIGAP menuju kampung sejahtera, unggul dan berdaya saing.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bupati Muharram Deklarasikan SIGAP SEJAHTERA

Jumat, 15/09/2017

logo

PELATIHAN – Bupati Muharram saat membuka pelatihan perluasan SIGAP menuju kampung sejahtera, unggul dan berdaya saing.

TANJUNG REDEB -   Konsep pembangunan dari pinggiran oleh pemerintah pusat  diterjemahkan Pemerintah Kabupaten Berau dengan mendeklarasikan SIGAP Sejahtera (Aksi Inspiratif Warga Untuk Perubahan)  menuju masyarakat Sejahtera.  SIGAP Sejahtera  adalah Program Pemkab Berau dalam mendampingi masyarakat kampung melakukan penguatan kapasitas untuk mengenal potensi dan kekuatan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan desa.

 Pembangunan kampung, menurut Bupati Berau Muharram harus sejalan dengan program Kabupaten. “Kalau gagasan kabupaten dan keinginan desa berbeda, maka pembangunan tidak akan sinergis,” ujar Bupati Muharram saat membuka Pelatihan Perluasan SIGAP menuju Kampung Sejahtera, Unggul, dan Berdaya Saing, yang diselenggarakan di Hotel Bumi Segah “Kamis (14/9).

Ditambahkan Bupati Muharram, pertemuan hari ini bertujuan menyeleraskan komitmen Rencana Pembangunan Daerah Berau, baik jangka pendek maupun panjang dengan pembangunan Kampung. Yang maknanya responsif, cepat, tanggap dan Sikap inilah yang harus dimiliki warga Kampung dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan kampung yang sejalan dengan visi  RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kab Berau 2016-2021.

“Untuk mewujudkan Berau Sejahtera, Unggul dan Berdaya Saing berbasis Sumber daya manusia dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam secara berkelanjutan. Caranya yaitu  dengan menerapkan metode pendampingan SIGAP. Pendekatan SIGAP dikembangkan The Nature Conservancy Indonesia berdasarkan pengalaman mendampingi masyarakat  dalam mengelola sumber daya alam berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan,”terangnya.

Bupati Muharram berharap para peserta pelatihan dapat menerima konsep SIGAP sebagai sesuatu yang positif. Faktanya adalah, desa percontohan SIGAP yang dikembangkan TNC bersama mitra yaitu Kampung Merabu, berhasil menghantarkan Kepala Kampungnya Franley Oley ke Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Perubahan Iklim (COP-22) di Maroko.

“Dulu, siapa yang membayangkan kepala kampung dan Bupati Berau bisa bicara di depan forum PBB. Dan saat ini Berau menjadi terkenal, lantaran kampung Merabu,”tegasnya.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Berau untuk meningkatkan kemampuan aparat kampung, pendamping dan warga dalam menggali potensi kampung dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan dengan menggunakan modul dan aplikasi SIGAP berbasis android. Pelatihan ini diisi oleh Tim dari Inspirasi Tanpa Batas (INSIPIRIT) yang juga turut serta mengembangkan aplikasi SIGAP. 

“SIGAP ini menggunakan teori psikologi positif, di mana semua manusia itu keren, orisinil dan punya cerita,” kata Direktur INSPIRIT Dani Wahyu Munggoro.

Sedangkan dari Taufiq Hidayat, Community Engagement and Protected Area Manager TNC Indonesia mengatakan,SIGAP itu menitik beratkan kepada tiga hal yaitu Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Desa, Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

“Peserta yang hadir dari 45 kampung di Berau akan mendapatkan telepon pintar yang sudah diinstal dengan aplikasi SIGAP. Total ada 1000 telefon pintar yang akan dibagikan kepada 100 kampung di Berau dalam dua tahapan. Aplikasi SIGAP dikembangkan TNC bersama INSPIRIT dalam dua tahun terakhir untuk mempermudah proses pembelajaran dan pengembangannya secara luas. Dan Aplikasi SIGAP mengandung beberapa fitur, diantaranya E-book atau buku digital tentang konsep, tahapan SIGAP, serta cara perekaman dan pelaporan,” pungkasnya. (ind)


Bupati Muharram Deklarasikan SIGAP SEJAHTERA

Jumat, 15/09/2017

PELATIHAN – Bupati Muharram saat membuka pelatihan perluasan SIGAP menuju kampung sejahtera, unggul dan berdaya saing.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.