Senin, 18/09/2017

Sentot Ingatkan Satpol PP untuk Tidak Arogan

Senin, 18/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sentot Ingatkan Satpol PP untuk Tidak Arogan

Senin, 18/09/2017

SENDAWAR – Personel Satpol PP Kutai Barat (Kubar) harus segera mengubah sikap dan tindakan karena mulai saat ini, Kantor Satpol PP Kubar melakukan penegakan disiplin menyeluruh terhadap personelnya. Hal itu agar  Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Satpol PP dapat berjalan baik.

“Sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda), Satpol PP Harus memiliki disiplin yang kuat. Penegakan disiplin dimulai dari dalam satuan, selanjutnya akan dilakukan penegakan disiplin di luarnya,” jelas Kepala Kantor Satpol PP Kubar, Kompol Sentot Susanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (18/9) pagi.

Dia mencontohkan, penegakan disiplin itu dengan apel pagi- sore serta absensi seluruh personelnya juga dilakukan secara ganda. Menurutnya, dalam penegakan disiplin, akan digunakan cara semi militer. “Absensi bukan saja fingerprint (sensor sidik jari), saya juga perintahkan agar absensi manual dibuat. Hasilnya dapat kita lihat, saat ini disiplin sudah sangat teratur,” terangnya.

Sentot menambahkan, dalam menegakkan Perda di masyarakat, dia berpesan agar personelnya lebih mengutamakan pendekatan humanis. Ia bahkan menekankan kepada seluruh personelnya, agar jangan bertindak arogan. “Dalam penegakan Perda, kita perlu memberikan edukasi (pendidikan) kepada masyarakat. Sehingga mereka sadar dan tidak mengulangi perbuatannya melanggar Perda,” ucap Sentot.

Kehadiran Satpol PP cukup penting bagi Pemkab Kubar, khususnya dalam penegakan Perda. Dalam melakukan tindakan di lapangan, Sentot menekankan pendekatan kekeluargaan dan Preventif. “Tindakan Represif merupakan upaya terakhir, jika kedua upaya itu tidak juga diindahkan,” ucapnya.

Dalam hal pengaturan personel, Sentot lebih memfokuskan penempatan personel di lapangan. Bahkan tak tanggung, dari 438 personel Pol PP yang ada, 300 personel ditempatkan di lapangan. Ke-300 personel itu difokuskan melaksanakan pengawasan. Baik di pasar, patroli aset Pemkab Kubar, patroli lingkungan serta penempatan di Pos Terpadu. “Untuk ASN atau THL yang berada diluar lingkungan kerja pada jam dinas (keluyuran), kita masih melakukan Shoft Therapy yakni lewat patroli lingkungan. Selanjutnya, jika masih mengulangi, akan kita tanyakan dia

dari OPD mana serta mencatat namanya,” jelasnya, seraya menambahkan akan memberdayakan personelnya secara maksimal dalam menjalankan Tupoksi.

Mengenai Patroli Wilayah, Sentot mengakui telah meliputi 5 Kecamatan di Kubar. Yakni, Kecamatan Melak, Barong Tongkok, Tering, Linggang Bigung serta Mook Manaar Bulatn. Bahkan untuk mobil patroli, Ia mengerahkan sebanyak 3 unit. “Sampai mobil yang kondisinya rusak, saya perbaiki dan benahi dan jadikan mobil patroli,” sebutnya.

Saat ini juga, Sentot mengungkapkan, telah menjalin koordinasi dengan personel ketentraman dan ketertiban di tiap kecamatan yang ada di Kubar. Itu mendapat respon yang baik dari Pemerintah Kecamatan. Tiap personel Trantib Kecamatan diharapkan memberikan laporan situasi di kecamatan. Misalnya ada kegiatan hiburan malam atau kegiatan lainnya, agar dilaporkan. Sehingga Kasat Pol PP bisa menurunkan personel berjaga, tentunya tetap memberdayakan Trantib Kecamatan.

“Dua kecamatan, yakni Barong Tongkok dan Melak sudah aktif melaporkan. Sementara 14 kecamatan lainnya sudah kita surati untuk koordinasinya,” pungkasnya. (imr)


Sentot Ingatkan Satpol PP untuk Tidak Arogan

Senin, 18/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.