Kamis, 28/09/2017

Stok Darah PMI Kubar Menipis

Kamis, 28/09/2017

DONOR DARAH: Personel TNI di Kubar mendonorkan darahnya ke PMI. (FOTO: IMR/KK)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Stok Darah PMI Kubar Menipis

Kamis, 28/09/2017

logo

DONOR DARAH: Personel TNI di Kubar mendonorkan darahnya ke PMI. (FOTO: IMR/KK)

SENDAWAR – Hingga saat ini stok darah di Bank Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kutai Barat (Kubar) di RSUD Harapan Insan Sendawar (HIS) sangat tipis. Sejak dua bulan lalu, PMI Kubar kekurangan stok darah. 

Ketua PMI Kubar Puncan Karna mengatakan, kekurangan stok darah itu karena kurangnya pendonor. Dia menambahkan, kurun Januari-Agustus 2017 minat masyarakat pendonor darah sukarela menurun.   Awal September tadi sempat kosong stok darah golongan (B).

“Tapi sekarang sudah lumayan ada. Berharap  semua lapisan yang ingin secara sukarela mendonorkan darahnya, menghubungi UTD PMI di RSUD HIS,” beber Puncan Karna melalui Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cabang Kubar, dr Eri Sarudin, Kamis (28/9).

Eri Sarudin menuturkan, di UTD PMI Kubar saat ini stok darah diutamakan bagi pasien dalam kondisi darurat saat operasi/bedah emergency. Untuk pasien yang memerlukan darah golongan B namun tidak emergency, diharapkan membawa donor pengganti.

“Setiap bulan PMI menyetok, tidak bisa berlebihan. Sebab, masa kedaluwarsa darah hanya 35 hari. Sementara rata-rata keperluan sebulan PMI Kutai Barat ini, 100-150 kantong,” ujarnya. 

“Biasanya, selain masyarakat umum, PNS, TNI, Polri, dulu secara berkala, perusahaan swasta terutama pekerja sektor tambang, selalu mendonorkan darahnya ke PMI Kutai Barat. Tapi saat ini menurun, mungkin karena banyak terjadinya pengurangan karyawan. Yang terus mendonor hingga sekarang adalah TNI dan Polri,” terangnya.

Ditambahkan Eri, pihaknya segera berkordinasi ke Pemkab Kubar guna merancang kerjasama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), khususnya bagi pegawai untuk bisa mendonorkan darahnya. Namun kata dia, hal itu akan dibicarakan dengan Bupati dan Wakil Bupati.

“Itu akan dibicarakan oleh Pak Ketua PMI Kubar. Karena sejak digulirkan wacana tersebut, kelihatannya sangat efektif untuk donor darah berkala dari semua SKPD di lingkup pemkab. Semoga dapat terealisasi cepat,” tegasnya.

Eri Sarudin menambahkan, hingga Rabu (27/9) stok darah di PMI Kubar  golongan darah A= 4 kantong, B  sebanyak 19 kantong, O sebanyak 9 kantong,  dan AB  sebanyak 7 kantong. Ada tambahan dari Kodim 0912 Kubar sebanyak 48 kantong. “Total stok darah PMI Kubar saat ini hanya 87 kantong,” pungkasnya. (imr)

Stok Darah PMI Kubar Menipis

Kamis, 28/09/2017

DONOR DARAH: Personel TNI di Kubar mendonorkan darahnya ke PMI. (FOTO: IMR/KK)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.