Sabtu, 14/10/2017

Omar Khayyam

Sabtu, 14/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Omar Khayyam

Sabtu, 14/10/2017

logo

DIA adalah seorang polymath Persia: filsuf, matematikawan, astronom dan penyair. Ia menulis risalah tentang mekanika, geografi, mineralogi, musik, klimatologi dan teologi Islam. Lahir di Nishapur, di usia muda ia pindah ke Samarkand dan memperoleh pendidikan di sana. 

Setelah itu ia pindah ke Bukhara dan menjadikannya sebagai salah satu matematikawan besar dan astronom dari periode abad pertengahan. Ia adalah penulis dari salah satu risalah paling penting pada aljabar yang ditulis sebelum zaman modern, Treatise on Demonstration of Problems of Algebra, yang mencakup metode geometrik untuk memecahkan persamaan kubik dengan silang-menyilang hiperbola dengan lingkaran. Ia juga berkontribusi akan calendar reform.

Signifance-nya sebagai seorang filsuf dan guru, serta beberapa karya filsafatnya yang tersisa, belum mendapat perhatian yang sama seperti tulisan-tulisan ilmiah dan puitisnya. Al-Zamakhsyari menyebutnya sebagai “The Philosopher of the world”. Banyak sumber telah bersaksi bahwa ia mengajar filsafat Avicenna selama puluhan tahun di Nishapur, di mana Khayyam lahir dan dimakamkan dan makam tersebut menjadi sebuah karya arsitektur Iran yang dikunjungi oleh banyak orang setiap tahun.

Di luar negara Iran dan Persia, Khayyam telah memberi dampak pada sastra dan masyarakat umum  melalui terjemahan dari karya-karyanya. Dampak yang terbesar adalah di negara berbahasa Inggris, sarjana Inggris, Thomas Hyde (1636-1703) adalah orang pertama non-Persia yang belajar padanya, dan yang paling memberi pengaruh akan popularitas Khayyam di negara barat adalah Edward FitzGerald (1809-1883), membuat terjemahan dan adaptasi Rubaiyat of Omar Khayyam).

Omar Khayyam meninggal pada tahun 1131 dan dimakamkan di Khayyam Garden, makam mamzadeh Mahruq di Nishapur. (mc)


Omar Khayyam

Sabtu, 14/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.