Selasa, 17/10/2017

Danau Suwi Ingin Dijadikan KEE

Selasa, 17/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Danau Suwi Ingin Dijadikan KEE

Selasa, 17/10/2017

SANGATTA – Menjaga dan melestarikan flora dan fauna di Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu upaya pemerintah untuk menjaga ekosistem.  Salah satu langkah yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutim adalah menggandeng Wildlife Conservation Society (WCS) melakukan perhitungan terhadap luasan Danau Suwi sebagai Kawasan Ekosistem Essensial (KEE). Di danau ini tempat berkembangbiaknya sejumlah keanekaragaman hayati diantaranya Buaya Badas Hitam (Crododylus Siamensis) dan buaya supit (Tomistoma Schlegii).

Kepala Dinas LH Kutim, Encek Achmad Rafiddin Rizal, belum lama ini menyebutkan, delinasi terus dilakukan agar benar-benar menjadi efektif menjadi kawasan ekosistem esensial . “Danau Suwi yang berada di perbatasan antara Kecamatan Long Mesangat dengan Muara Ancalong, berada dalam area hak guna usaha tiga perusahaan perkebunan kelapa sawit,” terangnya.

Ia mengaku dari tiga perusahaan tersebut, ada dua perusahaan yang belum bereaksi terhadap rencana Pemkab Kutim menjadikan sebagian HGU yang ada menjadi areal konservasi.

 “Pemkab ingin, perusahaan ikhlas menjadikan lahan HGU yang ada menjadi bagian dari kegiatan perusahaan terutama dalam menjaga lingkungan hidupnya, bahkan jika perusahaan aktif membantu yang akan menerima predikat baik juga perusahaan,” ujar pria yang akrab disapa Rizal ini.

Terkait lahan yang direncanakan berdasarkan kajian WCS dengan menggunakan drone, ada seluas 1.800 hektare dari lahan 27 ribu hektare kawasan basah Danau Suwi yang menjadi kawasan KEE.

Rizali menambahkan, jika kawasan Danau Suwi bisa dikembangkan sebagai daerah konservasi, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah dan wisatawan karena buaya yang ada merupakan buaya langka dan hanya ada di dua negara yakni Indonesia dan Thailand.(yul1116)


Danau Suwi Ingin Dijadikan KEE

Selasa, 17/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.