Jumat, 27/10/2017

Albert Julius Meyer

Jumat, 27/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Albert Julius Meyer

Jumat, 27/10/2017

logo

LAHIR di Hawarden, Iowa, pada 14 Mei 1919. Latar belakang pendidikan formal ditempuh Meyer di University of California, Los Angeles dan memperoleh gelar B.A. (setingkat Sarjana) serta gelar Master pada universitas yang sama.

Pada 1947, Meyer menerima gelar Doktor bidang Ekonomi dari John Hopkins University. Sepanjang hidupnya, Meyer dikenal sebagai pakar ekonomi Amerika yang mengkhususkan diri pada kajian ekonomi Timur Tengah dan sebagai tenaga pengajar di Universitas Harvard selama lebih kurang 28 tahun. 

Salah satu tulisan Meyer terkait ekonomi Timur Tengah yang paling populer adalah ‘Entrepreneurship the Missing Link in the Arab States?’. Pada 1955, Meyer tercatat resmi sebagai dosen di Harvard Center for Middle Eastern Studies dan menerbitkan dua buku yang sangat berpengaruh terkait ketertarikan akademiknya, ‘Middle Eastern Capitalism: Nine essays (1959)’ dan ‘The Economy of Cyprus (1962)’. Meyer juga pernah menjabat sebagai Ketua Delegasi Ekonomi Khusus Amerika untuk Arab Saudi pada 13 - 30 Juni 1962. Kiprah Meyer dalam misi tersebut berhasil menuntun tali kerjasama yang lebih erat antara Pemerintahan Amerika Serikat dan Kerajaaan Arab Saudi. 

Meyer menikah dengan Anne Avantaggio dan diberkati dengan tiga anak. Pada 31 October 1983, Meyer tutup usia di Boston akibat serangan leukemia. Koleksi papernya disimpan sebagai arsip Universitas Harvard dan diberi judul ‘Papers of Albert J. Meyer, 1955-1983’. Kumpulan paper ini berisikan korespondensi, laporan dan tulisan seputar hubungan ekonomi antara Timur Tengah, negara-negara Arab, dan AS. (mc)


Albert Julius Meyer

Jumat, 27/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.