Jumat, 27/10/2017

Buaya Sangatta Bisa Jadi Pundi Rupiah

Jumat, 27/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Buaya Sangatta Bisa Jadi Pundi Rupiah

Jumat, 27/10/2017

logo

SANGATTA– Banyaknya populasi buaya di Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadikan kota ini identik dengan karnivora buas tersebut. Telah banyak buaya yang ditemukan muncul di tengah permukiman warga. Tak sedikit masyarakat yang menjadi korban keganasannya.

Namun, jika ditilik dari sisi kreatif, banyaknya buaya di Sangatta bisa menjadi keunikan tersendiri dan berpotensi menjadi tempat wisata. Jadi, tak melulu dilihat sebagai ancaman yang harus dimusnahkan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Syafruddin Pernyata, buaya Sangatta memiliki potensi yang besar jika dikelola serius oleh pemerintah dan masyarakat. “Buaya Sangatta bisa dimanfaatkan untuk menarik wisatawan, datang ke Sangatta, ada beberapa yang penasaran banyaknya buaya disana, bisa datang melihat langsung,”ucapnya belum lama ini.

Menurutnya, Sungai Sangatta sebagai habitat buaya muara dapat menarik kunjungan wisatawan. Tinggal diperlukan modifikasi alat transportasi yang aman bagi pengunjung. “Nantinya perlu disiapkan satu spot tempat berkumpulnya buaya, dengan cara memberikan makan secara berkala di titik tersebut. Sehingga saat wisatawan menyusuri Sungai Sangatta tak akan kecewa,”ujarnya

Dia menambahkan, dengan dikembangkannya potensi tersebut, maka diyakini Kutai Timur, akan terkenal hingga ke mancanegara seperti halnya Prevab Mentoko dengan habitat asli orang utannya.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kutim, Rustam Effendi Lubis mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah dan siap menjadikan ancaman Predator Sangatta itu menjadi ikon destinasi wisata unggulan Kutim.

“Kita akan jadikan buaya tersebut sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, kita akan usulkan itu,”katanya.

Lubis menambahkan, jika wacana ini dapat dijalankan bersama, maka dipastikan PAD kutim dari sektor Pariwisata akan alami peningkatan. “Kita bisa jadi kan ini sebagai pendapatan asli daerah Kutim,”tungkasnya.(yul1116)


Buaya Sangatta Bisa Jadi Pundi Rupiah

Jumat, 27/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.