APBD 2018 Susut, Nasib THL Aman


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 bulan yang lalu     442 kali
img Asisten Administrasi Umum (Setkab) - Alimuddin

PENAJAM - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemerintah (APBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) 2018 akan mengalami penurunan. Merosotnya pendapatan daerah ini diperkirakan tidak berpengaruh kepada jumlah tenaga harian lepas atau honorer di wilayah ini.

Keberadaan tenaga honorer di lingkungan Pemerintahan Kabupaten jumlahnya mencapai kurang lebih 3.182 orang. “Penurunan APBD 2018 diperkirakan tidak berimbas kepada pengurangan sejumlah tenaga honorer,” ungkap Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) PPU, Alimuddin, kepada awak media, Minggu (26/11).

APBD PPU tahun 2018 diprediksi mencapai menjadi Rp1,1 triliun. Menyusut jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Rp1,2 triliun.

“Dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) masih diakomondasi terkait gaji THL dalam setahun dapat mengeluarkan Rp60 miliar sampai Rp70 miliar,” tuturnya. 

Selain itu, Pemkab juga akan menerapkan pemberian tunjangan berbasis kenerja dan kedisiplinan pada tahun mendatang kepada Aparatur Negeri Sipil (ASN) agar mereka lebih giat bekerja.

Pemberian tunjangan kinerja dan kedisiplinan yang diterapkan kepada ASN adalah metode untuk mendorong  para aparatur giat menyelesaikan tugas-tugas rutinnya. Sebab, ada kecenderungan sejumlah ASN yang melimpahkan pekerjaannya yang harus dikerjakan sendirinya kepada tenaga harian lepas. “Masih diperlukan tenaga honorer dalam kondisi yang sekarang ini,” ucap Alimuddin. (wn1017)



baca LAINNYA