Jumat, 01/12/2017

Tahun Depan, Kutim Produksi Madu Sendiri

Jumat, 01/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tahun Depan, Kutim Produksi Madu Sendiri

Jumat, 01/12/2017

SANGATTA – Masyarakat Kutai Timur (Kutim) tidak akan sulit lagi membedakan antara madu asli dan palsu, sebab tahun 2018 mendatang Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) akan memproduksi madu sendiri, dengan melakukan pendampingan kepada para peternak lebah di Kecamatan Bengalon. 

Menurut, Kepala Bidang Peternakan Distandak Kutim, Mardi Suaibman mengatakan, saat ini sudah ada sekitar tiga puluh koloni atau box dimiliki peternak, yang tergabung dalam perkumpulan pencinta lebah kolulut.

“Kita akan memberikan pendampingan dan pelatihan, dengan mendatangkan ahli dibidang tersebut, serta membantu dalam penyediaan dan pemberian koloni, minimal seratus koloni,” ujar Mardi.

Dilanjutkannya, dalam tiga bulan satu koloni dapat menghasilkan dua ratus milliliter madu. Satu koloni dalam satu tahun bahkan bisa berkembang menjadi tiga koloni. Penanganan pun mudah, tidak perlu perawatan khusus, hanya saja sarang harus dijaga dari hujan dan panas yang terlalu terik.

Pengembangannya juga mudah, namun memiliki nilai ekonominya tinggi, serta permintaan masyarakat yang tinggi. Sehingga diyakini dapat menjadi salah satu usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 

“Dengan adanya peternakan sendiri, maka masyarakat akan memiliki kepercayaan terhadap keaslian madu karena dapat dibeli langsung di tempat produksi,” pungkas Mardi. (yul1116)

Tahun Depan, Kutim Produksi Madu Sendiri

Jumat, 01/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.