Breaking News
Home >> Utama >> Bisa Mudah karena Guardiola
capture

Bisa Mudah karena Guardiola

BARCELONA – Sejak 2008 hingga 2012, Josep Guardiola sangat akrab dengan Barcelona. Menukangi Barcelona B selama satu tahun, Guardiola didapuk jadi pelatih senior selama empat tahun.
Selama empat musim, pelatih 45 lima tahun tersebut mempersembahkan tiga gelar La Liga dan dua gelar Liga Champions. Sebagai mantan pemain, Guardiola mengantarkan Blaugrana menjuarai enam kali La Liga dan 10 kompetisi lainnya sampai akhirnya pindah ke Bayern Munchen dan menukangi klub Bundesliga itu tiga tahun.
Setelahnya, sejak 2016 ini, Guardiola jadi arsitek klub Inggris Manchester City dan perjalanan waktu mengantarkannya kembali ke Barcelona, kali ini sebagai musuh Catalan karena The Citizens akan bentrok melawan tuan rumah di Camp Nou Kamis (20/10) dinihari nanti pada matchday ketiga Liga Champions Grup C.
Pemain City Ilkay Guendogan menyebut, faktor Guardiola akan jadi keuntungan timnya karena Guardiola sudah tahu betul bagaimana cara menghadapi Barca. “Guardiola mengenal mereka jadi nilai plus untuk kami. Dia tahu timnya, klubnya, stadionnya, dan dia mengenal Messi,” ujar Guendogan seperti dikutip dari ESPN FC. “Dia juga tahu kebiasaan Barcelona, kebiasaan Catalan jadi dia tahu segalanya dan akan memberi kami beberapa informasi yang tidak bisa diberikan manajer lainnya. Ini penting, jelas. Dia tahu bagaimana mereka bermain, dan bagaimana mereka ingin bermain. Pada akhirnya, bagaimanapun, ini tergantung pemain-pemain kami untuk mengeksekusinya di lapangan dan melakukan apa yang dia ingin kami lakukan,” ucapnya.
Sementara kemenangan menghadapi City bisa membuat Barcelona bisa cepat memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Barca saat ini ada di puncak klasemen Grup C dengan perolehan enam poin, unggul dua angka dari Manchester City di urutan kedua. “Bukan persoalan mudah menghadapi City, tapi saya sudah memikirkan laga itu,” ujar Enrique seperti dilansir Football Espana. “Saya belum membuat keputusan final bagaimana kami akan bermain. Tapi jelas, pemain cukup baik mengaplikasikan formasi 3-4-3. Kami menginginkan kemenangan, itu intinya,” tegas Enrique.
Guardiola sendiri menyatakan timnya datang untuk menang. “Saya tidak pernah berpikiran untuk mendapatkan hasil imbang. Saya inginkan hasil terbaik (menang). Kami wajib dapatkan poin lawan Barcelona. Kami hanya punya empat laga tersisa saja, kami harus menang setidaknya dua. Kami harus dapatkan enam poin untuk langkah selanjutnya. Kami akan mencoba menang untuk poin pertama di laga kali ini. Sudah pasti,” tegasnya.
Barca bisa menurunkan pemain terbaiknya. Trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar) 99 persen bisa tampil. Andres Iniesta yang tak diturunkan pada laga terakhir, siap dipasang sejak menit awal.
Di tim lawan, City masih ada kendala kebugaran pemain. Sergio Aguero, Kevin de Bruyne, dan Raheem Sterling yang baru sembuh dari cedera, tampak belum menunjukkan performa terbaiknya. Tapi sepertinya, mereka akan tetap dipaksa bermain meskipun akhir pekan kemarin baru saja menjalani pertandingan. (lbc/mar)