Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
BLH Sambangi 6 Sekolah Pesisir

BLH Sambangi 6 Sekolah Pesisir


korankaltim
korankaltim
2016-10-07 05:00:40
TANJUNG REDEB - Badan Ling-kungan Hidup (BLH) Berau yang akan melakukan persiapan penilaian Adiwiyata tingkat nasional menyem-patkan diri berkunjung ke 6 sekolah ada berada di kecamatan pesisir.

Kepala Bidang(Kabid) Komunikasi BLH, Junaidi mengatakan bahwa, tujuan utama kedatangan mereka ke daerah pesisir ini untuk memberikan arahan terkait masalah Adiwiyata dan juga pengelolaan sampah di sekolah tersebut.

"Tujuannya jelas untuk memberikan arahan mengenai Adiwiyata dan juga pengelolaan sampah," ujarnya pada Kamis (6/10) lalu.

Adapun ke enam sekolah tersebut yakni SDN Labuan Kelambu, SDN 05 Batu Putih, SDN 02 Karangan, SDN 5 Tubaan, serta di tingkat SMP yakni SMP 20 Berau di daerah Tabalar dan juga SMPN 7 Berau.

Selain bertatap muka secara langsung, pihaknya juga memberikan arahan mengenai bagaimana cara menjadi sekolah Adiwiyata, dan juga memanfaatkan sampah menjadi hal yang berguna menerapkan sistem 3 R.

Sampah Organik yang ada akan diolah menjadi pupuk kompos yang berguna bagi tanaman, sementara itu sampah anorganik akan kembali diolah dengan sistem 3 R, yakni, Reduce, Reuse serta Recyle.

Reduce sendiri yakni mengurangi atau dalam artian, para pelajar dan guru dapat mengurangi penggunaan sampah anorganik. Sementara, Reuse, atau menggunakan kembali, sampah ini kerap digunakan kembali untuk kerajinan tangan dan dapat mening-katkan ekonomi bagi pelakunya, dan terakhir yakni Recycle atau mendaur ulang, yang dimaksud dengan mend-aur ulang.

"Jadi selain memberikan materi kami juga langsung melakukan praktek kepada anak Didik di ke enam sekolah tersebut," ujarnya lagi.

Sementara itu, di tahun 2016 ini di 13 kecamatan yang ada di Berau, akan ada 25, sekolah yang diusulkan menjadi Adiwiyata oleh BLH, dan di tahun 2017 kesempatan SMPN 19 Batu Putih di usulkan menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional. (mh216)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
3 months ago | dibaca 388 kali
img
korankaltim
korankaltim
5 months ago | dibaca 2.275 kali
img