BNNP Kaltim Rutin “Sisir” Sel Tahanan

0
163
GELEDAH SEL : Petugas menyisir sel di ruang tahanan BNNP Kaltim guna mengantisipasi kaburnya tahanan.

Antisipasi Tahanan Kabur Seperti di Daerah Lain

SAMARINDA – Belakangan ini, sejumlah peristiwa tahanan kabur dari dalam penjara, terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Hal tersebut membuat beberapa instansi penegak hukum, yang memiliki ruangan tahanan, untuk segera berbenah dan meningkatkan pengamanan.
Seperti Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim, yang melakukan pemeriksana ruang tahanan secara rutin, guna mencegah adanya benda-benda terlarang masuk kedalam penjara dan bisa digunakan sebagai alat untuk melarikan diri.
Kamis (18/5), sejumlah petugas BNNP Kaltim, melakukan razia di dalam ruang tahanan yang terletak di belakang markas BNNP, Jalan Rapak Indah, Sungai Kunjang.
Pemeriksana ruang tahanan, dipimpin langsung Kasi Tahanan dan Barang Bukti (Tahti), Kompol Kadiyo. “Jika ditemukan keanehan atau hal-hal mencurigakan, maka petugas tahanan harus dengan cepat melakukan tindakan. Hal ini mengantisipasi terjadinya tahanan kabur, seperti yang terjadi di daerah-daerah lain,” kata Kepala BNNP Kaltim, Brigjen Pol Sufyan Syarif.
Sufyan memastikan jika selama ini prosedur penjagaan tahanan di BNNP Kaltim, sudah sesuai dengan ketentuan. “Saya menginstuksikan kepada petugas untuk selalu memeriksa tahanan setiap hari guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandansya.
Jenderal polisi berpangkat bintang satu itu, melanjutkan, petugas tahanan harus mengawasi dan melarang tahanan membawa benda-benda yang tidak diperbolehkan, seperti sarung, celana panjang, ikat pinggang, korek api, gunting dan barang terlarang lainnya.
Selain melakukan pengecekan secara langsung, ruang tahanan BNNP Kaltim juga telah termonitor oleh Closed Circuit Television (CCTV). (dor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here