Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Bontang Siap KIA Pertengahan 2016

Bontang Siap KIA Pertengahan 2016


korankaltim
korankaltim
2015-12-29 03:00:38
BONTANG – Pemerintah Kota Bontang terus menyegarkan pendataan seluruh akta yang beredar di masyarakat. Saat ini, pendataan baru berjalan 76 persen. Artinya, Kota Bontang masih belum genap menjalankan program Kartu Identitas Anak (KIA).

Kasi Program dan Penyuluhan di Disdukcapil Bontang, Ismail menuturkan, pihaknya terus melakukan pembaharuan data. Dia menyebut, saat ini jumlah akta yang  sudah terintegrasi dengan system informasi administrasi kependudukan (SIAK) baru 4.174 akta dari total 5.051 akta.

“Tinggal sedikit lagi. Itu akan kami selesaikan segera,” tuturnya.

Ismail menuturkan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan syarat bisa masuk dalam program KIA adalah akta kependudukan sudah 100 persen terintegrasi dalam system SIAK.

Menurutnya, sekitar 24 persen yang belum terdata dalam akta kelahiran hanya tinggal melengkapi beberapa berkas saja. Ada beberapa keluarga yang masih harus mengurus akta kelahiran anaknya. Itu juga adalah salahsatu data penunjang agar akta bisa terintegrasi dengan system.

“Dalam proses administrasi anak, akta kelahiran merupakan syarat mutlak untuk kepengurusan administrasi apapun,” jelasnya.

Terpisah, Kabid Pendaftaran dan Pendataan Penduduk Disdukcapil, Eka Dedy Anshariddin mengatakan, hanya 50 kabupaten/kota yang ditunjuk untuk menjalankan program KIA tahap pertama ini. Diperkirakan program KIA baru bisa dijalankan di Bontang pada pertengahan 2016 nanti.

“Kami belum mendapatkan perintah (pusat), sehingga belum bisa menjalankan program tersebut. Selain itu, dalam proses persiapannya kita harus mendata akta kelahiran dan mengeintegrasikan pada SIAK dan menyiapkan sumber daya,” kata Eka.

Dijelaskan, program KIA nantinya akan memuat informasi penting kependudukan. Mulai dari nama, alamat, nama orang tua, nomor kartu penduduk dan sejumlah identitas diri yang lain.

Kendati demikian, bentuk KIA akan berbeda dengan E-KTP yang dimiliki oleh orang dewasa. Hanya saja, dalam penggunaannya, KIA akan sama fungsinya seperti kartu identitas lainnya. Anak akan bisa mengurus berbagai kepengurusan administrasi yang memerlukan kartu identitas. Seperti misalnya, kartu anjungan tunai mandiri (ATM). (ram914)

loading...

baca LAINNYA