Bontang Timur, Kecamatan Keempat Bontang

0
2

BONTANG – Bontang segera punya kecamatan baru sekaligus kecamatan keempat. Setelah ditetapkan menjadi kotamadya, sebelumnya Bontang memang cuma punya 3 kecamatan. Penambahan kecamatan keempat adalah kecamatan Bontang Timur, mengacu pada Perda Kota Bontang Nomor 15/2001. Dalam berita acara, kajian akademis untuk pemekaran mengacu pada berita acara kesepakatan masyarakat.
Kasubbag Pembinaan Administrasi Kecamatan dan Kelurahan Sekretariat Kota Bontang, Arif Supriadi mengatakan, tahap awal, tim yang dibentuk menangani pemekaran kecamatan, fokus pada 2 hal, yakni menangani batas kelurahan induk dan kelurahan pemekaran, serta menangani nama kelurahan induk dan pemekaran.
“Jadi, untuk kajian akademis pemekaran ini, bahannya mengacu pada kesepakatan masyarakat. Dalam tahap itu, cuma ada 2 yang dibahas. Ya itu tadi, yang saya sebutkan,” kata Arif.
Enam kelurahan sasaran pemekaran meliputi Kelurahan Berebas Tengah, Belimbing, Gunung Elai, Bontang Lestari, Gunung Telihan dan Loktuan. Sedangkan empat kelurahan yang telah merampungkan berita acara adalah Kelurahan Belimbing, Gunung Elai, Bontang Lestari, Gunung Telihan dan Kelurahan Loktuan.
“Dari enam yang jadi sasaran, 4 sudah rampungkan menjadi berita acara. Sedang Loktuan rencananya Rabu (kemarin),” tambah Arif.
Pemilihan 6 kelurahan itu, mengacu 2 aspek. Yaitu wilayah terlampau luas dan jumlah penduduk yang padat. Sehingga, ketika telah dimekarkan, akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Ia menuturkan, tahap awal pemekaran kecamatan dan kelurahan tersebut memang harus dilakukan dari tingkat bawah. Proses itu akan berlanjut ke kelurahan, kecamatan, dan terakhir disampaikan ke Wali Kota Bontang.
“Ketika sudah berada di Wali Kota, sudah masuk domain kami di Pemkot. Termasuk melaksanakan kajian akademis juga dalam hal koordinasi ke pusat dan provinsi,” pungkasnya. (ram914)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here