Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Boskab Bisa Dipakai untuk Biaya UKG

Boskab Bisa Dipakai untuk Biaya UKG

TENGGARONG – Biaya Operasional Sekolah Kabupaten (Boskab) ternyata bisa membiayai Ujian Kompetensi Guru (UKG) atau perbaikan nilai UKG para guru.
Kepastian itu berdasarkan regulasi baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.
“Dana Boskab yang ada ini ternyata boleh kita gunakan untuk peningkatan mutu guru, dalam hal ini akreditasi (UKG, Red.),” kata Kabid Dikmen Disdik Kukar, Tulus Sutopo.
Tulus menjelaskan Disdik selaku SKPD teknis terkait hanya perlu membuat petunjuk teknis (juknis) terkait penggunaan dana Boskab tersebut, untuk pembiayaan peningkatan mutu terhadap guru.
Sebab, dana Boskab tersebut anggaran dari Disdik yang disalurkan melalui ke masing-masing sekolah penerima.
Saat ini, ada 45 guru yang nilai UKG masih di bawah standar, khususnya guru-guru yang mengikuti UKG pada tahun 2015 lalu.
“Regulasi terbaru, guru sekarang wajib memperbaiki nilai UKG-nya yang di bawah standar dengan cara menyelesaikan modul-modul yang telah disiapkan pemerintah pusat melalui online. Pada saat menyelesaikan modul perlu pertemuan dan bimbingan, di sisi lain pemerintah pusat juga tidak bisa membiayai karena alasan defisit. Sehingga Boskab bisa meng-cover pendanaannya tersebut,” pungkas Tulus. (ale)