Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> BPBD Hibahkan Mobil Damkar Rp4,6 M
FOTO: MH/KK
MOBIL Damkar yang dihibahkan.
FOTO: MH/KK MOBIL Damkar yang dihibahkan.

BPBD Hibahkan Mobil Damkar Rp4,6 M

TANJUNG REDEB – Mengingat pada tahun 2015 lalu kerap terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di 3 kecamatan yakni Tabalar, Pulau Derawan, dan Segah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau menghibahkan 3 unit mobil Damkar berkapasitas 5.000 liter.
Kepala BPBD Berau Mahdi Hasan, Kamis (13/10) kemarin mengatakan, penghibahan unit ini untuk membantu warga, saat terjadi kebakaran. Apalagi di kawasan tersebut memang kerap terjadi Karhutla.
“Menimbang pada tahun 2015 daerah tersebut kerap terjadi karhutla, makanya kami sertakan 3 unit damkar kepada 3 kecamatan,” ujarnya.
Diterangkan Mahdi, harga satu unit mobil pemadam itu bernilai Rp1,6 miliar, dinilai sangat cocok untuk bantuan awal menghadapi peristiwa kebakaran. Apalagi kapasitas per unit mencapai 5.000 liter. “Sangan cocok menurut saya ya, karena tangki yang besar akan mampu menampung air yang banyak,” tambahnya.
Disinggung mengenai efisien tidaknya menempatkan mobil pemadam di daerah yang memiliki jalan sempit, Mahdi mengatakan tidak ada yang perlu dipersoalkan. Sebelumnya, BPBD telah mengantongi persetujuan kepala kampung setempat.
“Kami sempat tawar kan unit yang 3.000 liter. Tapi kata mereka tidak apa-apa jika yang 5.000 liter diserahkan ke kecamatan tersebut,” lanjutnya.
Sementara itu penyerahan 3 unit damkar tersebut akan di laksanakan pada momen hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016 mendatang. Namun sebelu penyerahan, BPBD terlebih dahulu melakukan pelatihan terhadap personel yang ditugaskan untuk memegang kendali kendaraan pemadam itu.
“Kalau tidak ada halangan akan kami serahkan pada 28 Oktober mendatang, dan bertepatan dengan hari sumpah pemuda,” sebutnya. (mh216)