BPBD Pantau Lima Kecamatan Rawan Banjir


korankaltim
korankaltim
2016-10-12 05:05:40
Kondisi Air Masih di Ambang Batas Normal



TANA PASER – Beberapa hari ini, curah hujan cukup tinggi di Kabupaten Paser. Untuk menjaga segala kemungkinan bencana yang dapat terjadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pemantauan terhadap lima kecamatan yang dinilai rawan banjir.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Paser, Chandra Irwanadi, ke lima kecamatan itu adalah Long Kali, Long Ikis, Batu Sopang, Tanah Grogot dan Paser Belengkong. “Kelima kecamatan itu termasuk rawan banjir. Untuk itu, kami tengah melakukan pemantauan terhadap lima titik ini,” katanya, Selasa (11/10).

Dari kelima kecamatan tersebut, lanjut Dia, ada sejumlah desa yang menjadi titik pemantauan BPBD Kabupaten Paser. Yakni, Desa Adang dan Desa Sebakung di Kecamatan Long Kali, Desa Songka di Kecamatan Batu Sopang serta Desa Suatang Keteban di Kecamatan Paser Belengkong. “Sedangkan untuk di Kecamatan Tanah Grogot sendiri, ada tiga desa rawan banjir yang kami pantau. Seperti, Desa Tanah Priuk, Desa Sungai Tuak dan Desa Pepara,” ungkapnya.

Kendati demikian, Chandra mengatakan, kondisi air masih berada di ambang batas normal. Hanya saja, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan dan bersiap-siap menghadapi kemungkinan yang dapat terjadi kapan saja. “Meskipun curah hujan cukup tinggi belakangan ini, tapi berdasarkan pantauan kami kondisi air masih diambang batas normal. Namun, kami akan tetap melakukan pemantauan, guna menjaga setiap kemungkinan yang bakal bisa terjadi,” ucapnya.

Selain melakukan pemantauan terhadap daerah rawan banjir, ia menerangkan, juga memantau daerah rawan longsor di Kabupaten Paser. “Selain itu, kami juga memantau daerah rawan longsor di Kecamatan Kuaro, Batu Sopang dan Kecamatan Muara Komam,” paparnya.

Titik-titik rawan longsor di Kabupaten Paser termasuk kategori ancaman menengah. “Selain tiga kecamatan yang saya sebutkan, Kecamatan Long Kali dan Kecamatan Long Ikis pun termasuk daerah rawan longsor,” pungkasnya. (sur)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
1 month ago | dibaca 1.358 kali
img