Breaking News
Home >> PPU - Paser >> BPD Berhak Awasi Kinerja Kades

BPD Berhak Awasi Kinerja Kades

TANA PASER – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie, melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa bakti 2016-2022 dari lima desa di Desa Klempang Sari, Kecamatan Kuaro, Senin (10/10).
Adapun lima desa tersebut, Desa Klempang Sari Kecamatan Kuaro, Desa Sungai Batu Kecamatan Paser Belengkong, Desa Selengot Kecamatan Tanjung Harapan, Desa Muara Adang II Kecamatan Long Kali dan Anggota BPD Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang.
Yusriansyah mengingatkan, BPD adalah mitra kerja Kades dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam pemerintahan di jenjang desa. “Dalam menjalankan tugasnya dan fungsinya, BPD merupakan mitra Kades dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa,” imbuh Yusriansyah.
Selaku mitra Kades, lanjut Bupati, BPD mempunyai fungsi untuk membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) bersama Kades serta menampung, menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat. “Selain itu, BPD juga dapat melakukan pengawasan kinerja Kades,” ucapnya.
Dikatakan, hak pengawasan tersebut adalah meminta keterangan tentang penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Pemdes) kepada aparatur desa, menyatakan pendapat atas penyelenggaraan Pemdes, pelaksanaan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. “Sehingga, akan terbinanya tatanan penyelenggaraan pemdes yang sinergi, dan sesuai aturan. Dengan begitu, akan terbina pula kebijakan desa yang sesuai dengan kepentingan masyarakat desa secara keseluruhan,” ujarnya.
Diharapkan, kelima BPD yang baru dilantik agar segera mengadakan musyawarah. Guna menetapkan struktur pimpinan BPD di masing-masing desa dan menyusun tata tertib BPD, sebagai pegangan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. “Unsur pimpinan BPD terdiri dari, satu orang ketua, satu orang wakil ketua dan satu sekretaris,” sebutnya. (sur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*