Published On: Kam, Apr 11th, 2013

BPKAD Bahas Perbub Hibah dan Bansos

TENGGARONG – Upaya verifikasi terhadap dokumen-dokumen yang menyangkut tentang pemberian dana hibah dan bantuan sosial lainnya penting dilakukan.
Karena itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) mengundang semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk membahas seka-ligus menyempurnakan Perbub (Peraturan Bupati) tentang Tata Cara Penganggaran Pelaksa-naan dan Penatausahaan,  Per-tanggungjawaban dan Pelapo-ran serta Monitoring dan Eva-luasi Belanja Hibah dan Belanja Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD Kukar.
Kepala BPKAD Sutrisno, mengatakan, penyempurnaan Perbub ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan seperti keabsahan dokumen. “Dengan penyempurnaan Perbub ini diharapkan ke depannya,  SKPD betul-betul dapat mencermati dan melakukan verifikasi terutama menyangkut keabsahan dokumen,” katanya.
Untuk diketahui hibah merupakan pemberian uang barang atau jasa dari pemda kepada pemerintah atau pemda lainnya, perusda, masyarakat dan ormas, yang secara spesifik telah ditetapkan peruntu-kannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah.
Sedangkan bansos sendiri yakni pemberian bantuan berupa uang atau barang dari pemda kepada individu, ke-luarga, kelompok dan atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial.
Resiko sosial adalah kejadian atau peristiwa yang dapat menimbulkan potensi kerenta-nan sosial yang ditanggung oleh individu, dan atau masyarakat sebagai dampak krisis ekonomi dan lainnya (hmp4)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web